Kemarau, Ganjar Minta Tirta Utama Jateng Perluas Cakupan Suplai Air Bersih

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:19 WIB
loading...
Kemarau, Ganjar Minta Tirta Utama Jateng Perluas Cakupan Suplai Air Bersih
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kebutuhan air bersih ke depan akan cukup serius, khususnya ketika memasuki musim kemarau seperti saat ini.

Untuk itu ia meminta PT. Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) untuk bisa membuat kebijakan progresif dan memperluas cakupan suplai air bersih kepada masyarakat.

”Kita mau ini bukan hanya sekadar gedung untuk mereka berkantor tetapi untuk membuat kebijakan yang betul-betul progresif. Khususnya dalam memberikan sumber air bersih kepada masyarakat,” kata Ganjar di Banyumanik, Semarang, Kamis (24/8/2023).



Bacapres Parta Perindo ini menjelaskan saat ini telah berada bulan-bulan kemarau sehingga kebutuhan air cukup banyak. Ketika suplai itu tidak terpenuhi, ia khawatir masyarakat akan menurunkan kualitas untuk mendapatkan air bersih.

Padahal air bersih ini kebutuhan paling utama karena berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat. ”Ini berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat. Kalau air bersih tidak didapat, jangan harap kemudian kualitas kesehatan masyarakat juga akan baik,” jelas Ganjar.

Kekhawatiran itu muncul karena perusahaan-perusahaan pemerintah yang terkait air banyak dikomplain. Misalnya apakah airnya sering mati, apakah airnya kotor, atau cakupan untuk kebutuhan air bersihnya kurang.



Ganjar meminta agar PT Tirta Utama Jawa Tengah dengan PDAM harus kompak. Kekompakan itu dibutuhkan agar suplai atau dukungan ar bersih kepada masyarakat baik dan merata.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)