Bangun Ekonomi RI, Program FEED Mobile Tingkatkan Inklusi Keuangan

Selasa, 28 Februari 2017 - 13:19 WIB
Bangun Ekonomi RI, Program FEED Mobile Tingkatkan Inklusi Keuangan
Bangun Ekonomi RI, Program FEED Mobile Tingkatkan Inklusi Keuangan
A A A
JAKARTA - Mercy Corps Indonesia melalui Program Financial Education and Empowerment goes Digital and Mobile (FEED Mobile) menggelar journalism workshop dengan tema “Pembangunan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan dan Pengembangan Usaha” pada 25-26 Februari di Hotel Trisula Kabupaten Indramayu. Acara ini dihadiri dua fasilitator yang merupakan jurnalis senior dan perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu yang juga merupakan mitra Program FEED Mobile.

Mercy Corps Indonesia melalui Program Financial Education and Empowerment goes Digital dan Mobile atau lebih dikenal dengan FEED Mobile yang didukung oleh Citi Indonesia (Citibank, N.A), merupakan program pendidikan pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha yang fokus pada masyarakat petani, petani pemilik usaha dan pelaku usaha mikro - kecil di Kabupaten Indramayu.

Manager Program FEED Mobile Nino Rianditya mengatakan tujuan workshop adalah untuk meningkatkan pengetahuan para jurnalis media online, cetak, dan elektronik tentang inklusi keuangan dan pengaruhnya terhadap pembangunan ekonomi.

“Workshop jurnalisme ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis di Indramayu dan Cirebon dalam memperhatikan pentingnya proses penyusunan dan penyesuaian materi serta metodologi penyampaian cerita sukses dari program kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk melakukan advokasi dalam upaya menyampaikan pendapat maupun rekomendasi terhadap kegiatan-kegiatan program,” kata Nino lewat keterangan resmi di Indramayu, Selasa (28/2/2017).

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain mendapatkan materi dari fasilitator, para jurnalis juga diajak turun ke lapangan untuk bertemu para penerima manfaat dari Program FEED Mobile.

“Mereka dipertemukan dengan Karinih yang berprofesi sebagai petani dan juga ada Mujayin yang membuka usaha budidaya ikan lele. Tujuannya agar para jurnalis bisa mendengar langsung kisah sukses dari penerima manfaat Program FEED Mobile,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini menggunakan metode sharing lesson learned dari fasilitator dan juga memberikan tips-tips dalam menulisan khususnya feature serta menggunakan metode melihat lokasi penerima manfaat program FEED Mobile yang dibagi menjadi dua kelompok.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9197 seconds (0.1#10.140)