Ganjar Genjot Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri di Sisa Masa Jabatannya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:03 WIB
loading...
Ganjar Genjot Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri di Sisa Masa Jabatannya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggenjot realisasi belanja produk dalam negeri (PDN) Provinsi Jateng tahun ini. Dia juga siap memberikan asistensi kepada kabupaten/kota dengan realisasi penyerapan belanja produk dalam negeri yang masih rendah.

”Pertama kami laksanakan perintah Presiden melalui LKPP, maka Pak Hendi datang ke sini untuk briefing ke kami. Ini lho performance setelah kami mengadakan barang dan jasa dengan e-katalog. Ternyata tadi perbandingan datanya jauh lebih bisa efisien,” kata Ganjar.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi. Ganjar menyebut bahwa realisasi belanja produk dalam negeri Pemprov Jateng masih harus ditingkatkan lagi.



”Targetnya dari belanja nasional yang gede banget, kami belum mencapai, minimal 50 persen dari target akan kami kejar. Kalau ini berjalan, integritas terjaga, makin transparan, makin akuntabel dengan harga yang sangat wajar dan murah,” ujarnya.

Berdasarkan data, hingga 18 Agustus 2023, realisasi belanja PDN Pemprov Jateng sudah mencapai Rp2,829 miliar atau sekitar 36,79 persen dari total target.

Sementara untuk kabupaten/kota, lima pemda tertinggi realisasi adalah Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Cilacap.



Lima daerah terendah adalah Kota Magelang, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Purbalingga.

“Kami minta mengkonsolidasikan daerah-daerah yang masih rendah. Kita asistensi. Biasanya problemnya ada dua saja, kemauan dan teknis. Kalau teknis kami serahkan tapi kalau kemauan itu urusan politik. Saya bicara terus kita minta arahan dari LKPP,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)