alexametrics

RI Diberi Kesempatan Jual Avtur dan Bangun RS di Arab Saudi

loading...
RI Diberi Kesempatan Jual Avtur dan Bangun RS di Arab Saudi
Kerja sama Arab Saudi dan Indonesia menawarkan kesempatan bagi Pertamina untuk menjual produk avturnya di Jeddah dan membangun rumah sakit. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kerja sama Arab Saudi dan Indonesia menawarkan kesempatan bagi Pertamina untuk menjual produk avturnya di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, selain kerja sama kilang. Tidak hanya itu Pertamina juga ditawari membangun rumah sakit (RS) di Arab Saudi mengingat banyaknya jamaah haji dan umrah dari Indonesia.

“Kita memang diberikan kesempatan menjual avtur disana. Alasannya karena masyarakat Indonesia yang umroh dan haji disana sangat banyak. Selain itu juga diberikan kesempatan membangun rumah sakit Pertamina disana,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja.

(Baca Juga: Kerja Sama Energi RI dan Arab Saudi Ditindaklanjuti)



Pada kesempatan yang sama Ketua Koordinator Gas Industri Kadin Ahmad Wijaya beranggapan sudah seharusnya Arab Saudi memberikan timbal balik investasi di Indonesia. Pasalnya sejauh ini Pertamina membeli produk impor elpiji dari Saudi Aramco. “Pertamina selama ini sudah membeli produk LPG dari Saudi Aramco. Nah sekarang timbal baliknya apa yang harus diberikan kepada Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut dia juga mendorong kerja sama nota kesepahaman government to government antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi dapat ditindaklanjuti menjadi business to business sehingga pembangunan kilang benar-benar dapat direalisasikan. Kilang ini diharapkan tidak hanya sekedar meningkatkkan pasokan BBM akan tetapi juga harus menghasilkan industri penunjang untuk menghasilkan nilai tambah di dalam negeri.

“Kadin berharap apa yang sudah menjadi MoU bisa dijalankan dan di implementasikan sehingga dalam waktu 3-4 tahun kita bisa merasakan hasilnya. Disamping itu kita juga bisa menikmati petrokimia juga,” paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak