Penyebab Asam Urat di Jempol Kaki dan Cara Mengobatinya

Senin, 28 Agustus 2023 - 07:59 WIB
loading...
Penyebab Asam Urat di Jempol Kaki dan Cara Mengobatinya
Penyebab asam urat di jempol kaki dipicu karena penumpukan kristal asam urat berlebihan. Menurut NIAMS, serangan asam urat sering kali dimulai di jempol kaki. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab asam urat di jempol kaki dipicu karena penumpukan kristal asam urat berlebihan. Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), serangan asam urat sering kali dimulai di jempol kaki.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (28/8/2023) asam urat dapat mempengaruhi tangan, siku, lutut, kaki, pergelangan kaki, tulang belakang, dan jari kaki, khususnya jempol kaki.

Serangan asam urat dapat terjadi secara tidak terduga dan tanpa peringatan, seringkali di tengah malam dan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Beberapa orang sering mengalami serangan asam urat. Sementara yang lain mungkin memerlukan waktu beberapa tahun sebelum mengalami serangan asam urat lagi.



Penyebab Asam Urat di Jempol Kaki dan Cara Mengobatinya

Foto/Infografis SINDOnews

Serangan asam urat menyebabkan nyeri sendi yang sangat berdenyut atau terbakar. Kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba, diikuti dengan pembengkakan, nyeri tekan, rasa hangat, dan kemerahan atau perubahan warna.

Bagi sebagian orang, rasa sakitnya mungkin sangat parah sehingga mereka tidak dapat menahan beban selimut. Gejala asam urat sendiri biasanya mencapai titik terburuknya dalam waktu 6–12 jam. Sendi atau jempol kaki yang terkena akan pulih dalam 1-2 minggu.

Adapun tanda-tanda seseorang terkena asam urat di jempol kaki meliputi:

1. Nyeri sendi yang hebat di jempol kaki
2. Bengkak dan kemerahan atau perubahan warna
3. Kelembutan
4. Kesulitan bergerak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3632 seconds (0.1#10.140)