Khasiat Surat Al-A’la, Salah Satunya Mengobati Wasir

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:45 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-A’la, Salah Satunya Mengobati Wasir
Surat Al-A’la bisa menyembuhkan wasir. Ilustrasi: gbmc
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-A’la , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan hendaklah dibacakan di atas telinga yang berdengung, orang yang terkena wasir, atau badan yang bengkak.



Dalam kitab Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-A'la), maka Allah akan memberinya pahala sejumlah semua huruf yang diwahyukan kepada Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Muhammad SAW. Dan jika dibacakan atas telinga yang sakit, maka akan hilang. Dan jika dibacakan di atas penyakit wasir berdarah, maka orang yang menderita akan sembuh dengan cepat.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata: “Barangsiapa yang membaca Surat Al-A'la di dalam salat fardu dan sunah, maka akan dikatakan kepadanya di hari kiamat, ‘Masuklah dari pintu-pintu surga mana pun yang kamu kehendaki.’”

Al-A'la sendiri artinya adalah "yang paling tinggi". Surat yang terdiri atas 19 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat At-Takwir. Ia diberi nama Al-A'la, diambil dari lafaz al-a'la yang terdapat pada ayat pertama.

Imam Muslim meriwayatkan dari Nu'man bin Basyir bahwa pada waktu salat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan salat Jumat membaca Surat Al-A'la pada rakaat pertama dan Surat Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)