Semua Gerbang Tol Akan Gunakan e-Money Tahun Ini

Rabu, 15 Maret 2017 - 08:04 WIB
Semua Gerbang Tol Akan Gunakan e-Money Tahun Ini
Semua Gerbang Tol Akan Gunakan e-Money Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Guna mendukung sistem layanan e-money atau uang elektronik, pemerintah dan lembaga menerapkan transaksi nontunai di berbagai sektor. Salah satunya penerapan transaksi nontunai untuk seluruh gerbang tol di Indonesia.

Langkah penyeragaman tersebut akan serentak dilakukan tahun ini. Hal tersebut ditegaskan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo tadi malam dalam acara gala dinner bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan stakeholder di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Ya, itu akan kita laksanakan tahun ini, program tersebut akan kita wujudkan dan itu menjadi komitmen kita," kata dia, Selasa (14/3/2017) malam.

Agus menambahkan, sampai saat ini, sebesar 70% transaksi di setiap pintu tol masih melakukan transaksi uang tunai yang diyakini memakan waktu. Padahal, komitmen mengimplementasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau less cash society, yang dicanangkan BI sudah dicetuskan sejak 2014.

Pada penerapan nontunai di gerbang tol tersebut nantinya akan ada konversi dari tunai menjadi nontunai dan perlu dukungan dari semua stakeholders, khususnya operator jalan tol, perbankan dan masyarakat yang menggunakan jalan tol.

"Komitmen itu, kami melihat sudah ada dari BPJT, operator, perbankan, masyarakat itu tinggi. Jadi, kita optimistis 2017 bisa akan kita wujudkan," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3101 seconds (0.1#10.140)