Khasiat Surat Al-Balad, Salah Satunya Mengobati Sakit Indra Penciuman

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:38 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Balad, Salah Satunya Mengobati Sakit Indra Penciuman
Surat al-Balad bisa menyembuhkan sakit indra penciuman. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Balad , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika diletakkan di atas tubuh bayi yang bari lahirmaka dia akan selamat dari kekurangan (cacat). Selain itu, bagi orang yang mengalami gangguan pada indera penciumannya maka dia dapat menghirup airnya.



Dalam kitab "Tafsirul Burhan" disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan memberinya keamanan dari neraka-Nya di hari kiamat, dan menyelamatkannya dari segala halangan. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada anak kecil, atau yang dilahirkan, maka ia akan aman dari segala yang membahayakan anak-anak.”

Sedangkan dalam "Tsawabul A’mal" dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Balad) di dalam salat fardu, maka ia di dunia dikenal termasuk orang-orang saleh, di akhirat dikenal sebagai orang yang memperoleh tempat di sisi Allah, dan di hari kiamat ia bersama para nabi, para syuhada, dan orang-orang saleh.”

Al-Balad sendiri artinya adalah “negeri”. Surat yang terdiri atas 20 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Qaf. Ia diberi nama Surat Al-Balad karena merujuk pada lafaz al-balad yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)