BI: Ekonomi Global Membaik Namun Perlu Banyak Waspada

Jum'at, 17 Maret 2017 - 00:12 WIB
BI: Ekonomi Global Membaik Namun Perlu Banyak Waspada
BI: Ekonomi Global Membaik Namun Perlu Banyak Waspada
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara menyampaikan, saat ini BI tengah mengamati pertumbuhan ekonomi dunia yang diperkirakan akan terus membaik. Meski demikian, BI meminta untuk tetap waspada oleh sejumlah resiko yang kemungkinan akan terjadi.

Saat ini, perekonomian global tetap tumbuh terutama didukung oleh perbaikan ekonomi negara maju dan negara-negara emerging market. "AS dan negara-negara emerging serta harga komoditas saat ini sedang meningkat. Ekonomi AS terus tumbuh didorong oleh konsumsi dan investasi, diikuti dengan ketenagakerjaan dan pendapatan yang membaik," kata dia di Gedung BI, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Selain itu, lanjut Tirta, untuk harga komoditas dunia termasuk harga minyak dan komoditas ekspor Indonesia tetap meningkat. Namun seperti yang telah dijelaskan, sejumlah risiko global perlu terus diwaspadai.

"Termasuk yang kami cermati tekanan inflasi yang mulai meningkat di negara maju yang dapat memicu pengetatan kebijakan moneter di negara-negara tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, kenaikan Fed Fund Rate (FFR) lebih lanjut akan berpotensi mendorong penguatan mata uang AS dan meningkatkan cost of borrowing.

"Untuk Eropa, yang perlu kita cermati yakni permasalahan Brexit dan risiko geopolitik di sejumlah negara Eropa terkait menguatnya gelombang populisme serta risiko penyelesaian utang Yunani dapat meningkatkan ketidakpastian global," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)