alexa snippet

BTN Siapkan Penyaluran KPR Mikro

BTN Siapkan Penyaluran KPR Mikro
Direktur Utama Bank BTN Maryono. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank BTN siap mendukung penyaluran KPR di segmen mikro. Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, prospek bisnis KPR segmen mikro sangat potensial. Potensi masyarakat segmen mikro diprediksi 60% dari 11 juta masyarakat yang backlog atau berarti ada 6 juta orang yang membutuhkan perumahan.

“Enam juta rumah akan kami bagikan dalam produk KPR mikro. Nanti akan kami kelompokkan mana yang bisa jadi KPR mikro atau mana yang tidak bisa jadi,” ujar Maryono usai RUPS di Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Dia menambahkan strategi mencapai target minimal 60% atau 6 juta ini dengan menggandeng asosiasi. BTN sendiri mendukung pertumbuhan yang cukup bagus ini. “Contohnya kemarin, asosiasi bakso anggotanya 1,5 juta dan pertama saja sudah ada 300 pemohon,” ujar Maryono.

Perseroan juga bekerja sama dengan BUMN lainnya seperti PNM (Permodalan Nasional Madani). Kerja sama ini akan menyasar untuk membiayai pedagang kecil binaan PNM dalam program Mekar. “PNM punya anggota 800 ribu untuk kami dukung,” ujarnya.

Penyediaan rumah KPR mikro disebutkannya ada tiga macam. Pertama dalam mendukung renovasi rumah apabila pemohon mempunyai rumah. Kemudian untuk bangun rumah kalau pemohon punya tanah, dan apabila tidak punya tanah, perseroan bisa belikan tanah dan bangun rumah hingga batas Rp75 juta.

“Rencananya kami bisa kerja sama dengan pengembang. Maksimal Rp75 juta bisa renovasi, dengan dana Rp25 juta sudah cukup mewah. Kami sasar nasabah di Semarang dan mungkin juga ke Jawa Timur. Prosesnya akan melalui kantor cabang kami,” ujarnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top