BI Genjot Interkoneksi ATM, Debit hingga E-Money di 2017

Senin, 20 Maret 2017 - 14:32 WIB
BI Genjot Interkoneksi ATM, Debit hingga E-Money di 2017
BI Genjot Interkoneksi ATM, Debit hingga E-Money di 2017
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menegaskan bakal segera mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) soal National Payment Gateway (NPG) pada Maret tahun 2017 ini. Sehingga nantinya saat roadmap telah terbentuk, tiga interkoneksi serta interoperability bisa dilakukan yakni ATM, kartu debit dan uang elektronik (e-money).

(Baca Juga: BI Akan Luncurkan Aturan Sinergi Sistem Pembayaran Perbankan
Bahkan Deputi Gubernur BI Sugeng menegaskan untuk sistem pembayaran non tunai (cashless) bakal siap diterapkan pada Juni, mendatang. Meski begitu dia menerangkan cashless masih akan dilakukan secara bertahap seiring dengan dikeluarkan PBI tersebut.

"PBI itu antara lain fokus ke cashless, ke depan itu peran dari lembaga domestik akan kita tonjolkan. Eksistingnya ada masih jalan, tapi bertahap dan perannya kita dorong. Itu bertahap nanti," kata dia, Jakarta, Senin (20/3/2017)

Pada tahap awal, ungkap dia yakni penerapan ATM, debit yang teritegrasi lewat satu ATM saja yang mampu menarik uang dari beberapa bank sekaligus. Kemudian, ada uang elektronik yang akan diterapkan di Juni nanti. "Uang elektronik itu Juni. Nanti di ruas jalan tol akan menggunakan kartu elektronik. Jadi yang cash kita kurangi," tegasnya

Dia berharap, hal ini bisa berjalan dengan baik utamanya untuk transaksi e-money di ruas jalan tol yang akan ramai dilalui pengemudi ketika hari-hari tertentu. "Paling enggak di jalan tol Cipali ya, mudik diharapkan bisa tap cash. Bisa dibaca, misalnya BCA, Mandiri, bisa baca semua, kalau sekarang kan sebagian saja baru bisa," pungkasnya.

Intekoneksi ATM, kartu debit dan uang elektronik bertujuan agar nasabah tidak perlu membawa berbagai macam kartu untuk melakukan transaksi. Jadi ketika bertransaksi di merchant, EDC dan card reader seluruh bank hanya memerlukan satu kartu saja. Khusus untuk uang elektronik, BI memperkirakan, implementasinya akan bisa terlaksana setelah Juni 2017. Hal ini karena BI masih akan berbicara dengan industri terkait implementasi uang elekronik server based dan chip based.

Sebagai gambaran, awal dari roadmap NPG BI pada Maret 2017 akan dilakukan interkoneksi antar switching, ATM dan debit. Kedua, pada Juni 2017 akan dilakukan interkoneksi uang elektronik. Ketiga, pada Juli 2017 akan dilakukan kelembagaan NPG.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8243 seconds (0.1#10.140)