OJK: IHSG Cetak Rekor karena Kondisi Ekonomi Stabil

Senin, 20 Maret 2017 - 16:21 WIB
OJK: IHSG Cetak Rekor karena Kondisi Ekonomi Stabil
OJK: IHSG Cetak Rekor karena Kondisi Ekonomi Stabil
A A A
JAKARTA - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada Jumat kemarin mencetak rekor sepanjang masa karena kondisi ekonomi domestik cukup stabil.

(Baca Juga: IHSG Cetak Rekor Sepanjang Masa ke Level 5.540,43)

Termasuk demand yang cukup tinggi terhadap domestik yang membuat investor tertarik. "Ya alasannya kenapa tinggi, berarti demand-nya tinggi. Secara umum, kalau harga naik, demand tinggi. Saya rasa memang kondisi domestik kita juga cukup stabil," kata Nurhaida di Gedung BI, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Di sisi lain, harga indeks khususnya dipengaruhi oleh dua sisi yakni jika dilihat sumbernya dari global dan domestik yang memengaruhi. "Jadi, kalau ada sentimen positif di domestik, sentimen positif di global itu bisa mmbuat pasar membaik," imbuhnya.

Menurutnya, ekonomi global mulai terlihat tanda-tanda perbaikan. Di mana, Amerika Serikat (AS) mulai berkembang lebih baik dan harga komoditas juga membaik.

"Tapi domestik juga tidak kalah penting karena kita melihat domestik ini stabilitasnya terjaga, permintaan instrumen kita di pasar modal meningkat karena ada dana repatriasi cukup besar yang selama ini ada di perbankan, saya rasa itu mulai bergerak ke pasar modal. Jadi, instrumen apakah SBN, saham, reksa dana mulai meningkat kepemilikannya dari dana repatriasi," tutur dia.

Baca Juga:
IHSG Cetak Rekor Bukti Pasar Saham RI Banyak Diminati
IHSG Awal Pekan Dibuka Lanjutkan Rekor, Bursa Asia Mixed
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9548 seconds (0.1#10.140)