Doa Pagi Hari Sebelum Bekerja, Insya Allah Rezeki Lancar dan Berkah

Kamis, 31 Agustus 2023 - 21:25 WIB
loading...
Doa Pagi Hari Sebelum Bekerja, Insya Allah Rezeki Lancar dan Berkah
Waktu pagi merupakan waktu yang sangat berkah sehingga kita dianjurkan berdoa dan berdzikir sebelum memulai aktivitas. Foto/SINDOnews
A A A
Berdoa di pagi hari sebelum bekerja atau memulai aktivitas sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah ﷺ sebagai tauladan terbaik mengajarkan umatnya agar berdoa dan berdzikir setelah menunaikan sholat Subuh.

Waktu pagi merupakan waktu yang sangat berkah. Nabi sangat menaruh perhatian di waktu pagi dan pernah menasihati putri beliau Fathimah Az-Zahra. "Wahai putriku, bangunlah. Saksikanlah rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari." (HR Imam Ahmad dan Al-Baihaqi)

Beliau juga mendoakan umatnya di pagi hari dengan kalimat: "Allahumma Baarik li Ummati fii Bukuuriha" (Ya Allah, berilah keberkahan kepada umatku pada pagi harinya).

Berikut doa pagi hari yang dapat diamalkan umat muslim. Doa ini dapat mendatangkan rahmat dan perlindungan Allah, serta membuka pintu rezeki, insya Allah. Sebelum berdoa kita dianjurkan membaca dzikir berikut:

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.
Artinya: "Ya Allah, karena Engkau kami memasuki waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali."

Doa Pagi Hari Lengkap Arab dan Latin

1. Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ, اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Innii a'uudzubika minal Kufri wal Faqri, Allahumma innii a'uudzubika min 'Adzabil Qabri, Laa ilaaha illaa Anta.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau."

2. Doa Kedua
Doa ini diriwayatkan Imam An-Nasa'i dalam 'Amal al-Yaum wa al-Lailah dari Abdullah bin Ghannam:

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ، وَلَكَ الشُّكْرُ

Alloohumma ma ashbaha bii min ni'matin aw bi ahadin min kholqika fa minka wahdaka la syarika laka fa lakal hamdu wa lakasy syukru.

Artinya: "Ya Allah, nikmat apapun yang ada padaku di waktu pagi atau yang ada pada setiap makhluk-Mu, semuanya hanya dari-Mu semata, tiada sekutu bagi-Mu, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu segala syukur." (HR An-Nasa'i)

3. Doa Ketiga
Doa ini diriwayatkan oleh Ummu Salamah radhiyallahu 'anha istri Rasulullah. Apabila datang waktu pagi, beliau senantiasa berdoa dengan kalimat berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا ، وَرِزْقًا طَيِّبًا ، وَعَمَلا مُتَقَبَّلا

Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyibaa wa 'amalan mutaqobbalaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang thayyib, dan amalan yang diterima." (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)