Spektakuler! PLN Borong Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia Awards 2023

Jum'at, 01 September 2023 - 20:56 WIB
loading...
Spektakuler! PLN Borong Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia Awards 2023
Direktur Retail dan Niaga Edi Srimulyanti (ujung kanan), Executive Vice Presiden Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto (kedua dari kiri). (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Keberhasilan PT. PLN (Persero) dalam membuat terobosan mengantarnya memborong tiga penghargaan di ajang Indonesia Awards (IA) 2023. Tiga terobosan yang dilakukan PLN yaitu Renewable Energy Certificate (REC), Electrifying Agriculture, dan PLN Mobile. Penghargaan diterima langsung Direktur Ritel dan Niaga PT PLN Edi Srimulyanti, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan Wiluyo Kusdwiharto, Executive Presiden Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022).

Ditemui usai acara, Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti yang mewakili Direktur Utama PT. PLN Darmawan Prasodjo turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi.

“Kami dari PT PLN (Persero) mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini kepada semua pihak, dan sukses untuk Indonesia Awards 2023 serta sukses untuk iNews Media Group," kata Edi Srimulyanti saat menerima penghargaan IA 2023, Kamis (31/8/2023).

Tidak hanya itu, acara juga dihadiri sejumlah Menteri RI di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir , Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebagai informasi, Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan rutin diselenggarakan setiap tahun oleh iNews TV, kepada pemimpin publik nasional dan daerah. Penghargaan juga diberikan kepada lembaga pemerintah maupun non pemerintah, serta organisasi atas inovasi, dedikasi, dan konsistensinya dalam membangun negeri.
Spektakuler! PLN Borong Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia Awards 2023

Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti usai ditemui awak media. (Foto: iNews Media Group)

Inovasi PLN untuk Indonesia
Para dewan juri IA menilai bahwa PLN layak mendapatkan tiga penghargaan tersebut dengan inovasinya Renewable Energy Certificate (REC) untuk kategori Special Recognition of Outstanding Initiative, Electrifying Agriculture untuk kategori Special Recognition of Outstanding Initiative, dan PLN Mobile untuk kategori Outstanding Award for Integrated Initiative.

Edi menyampaikan bahwa REC adalah salah satu inovasi produk hijau PLN, dan membuka kesempatan pelanggan untuk ikut berpartisipasi dalam mitigasi perubahan iklim dan emisi.

“Lewat REC, para pelanggan juga dapat turut berpartisipasi dalam menurunkan emisi, mengubah dari energi kotor ke energi yang ramah lingkungan. Kami berkomitmen untuk menyediakan energi bersih (listrik hijau) untuk green industry di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, REC merupakan produk PLN yang ditawarkan kepada seluruh masyarakat maupun perusahaan yang mendukung terciptanya energi bersih. Langkah ini sebagai upaya mencapai target pengurangan emisi karbon menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Harapannya, semakin banyak perusahaan menggunakan REC PLN guna mencapai misi besar berkurangnya emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen pada tahun 2030 ), dan mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

REC PLN merupakan produk kerja sama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), yang merupakan bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan.

REC dari PLN ini menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat, untuk memastikan setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. Seluruh proses juga telah diverifikasi sehingga memenuhi standar internasional.

Sehingga dapat menekan laju emisi karbon sebagaimana komitmen implementasi Paris Agreement sekaligus memenuhi kebutuhan pelaku usaha yang memiliki concern terhadap penggunaan Energi Terbarukan.

Paris Agreement memicu gerakan global untuk membatasi peningkatan suhu bumi dengan mengurangi emisi dari energi fosil. PLN telah menjalankan program transformasi sejak tahun 2020.
Spektakuler! PLN Borong Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia Awards 2023

Inovasi PLN Mobile menjadi one stop services kebutuhan masyarakat mulai dari layanan kelistrikan, layanan kendaraan listrik, hingga layanan internet. dok. PLN

Kemudian inovasi program Electrifying Agriculture (EA), yang bertujuan meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah dan terjangkau bagi para petani. EA dimanfaatkan di bidang agrikultur, seperti pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan.

Inovasi EA bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Sebelum adanya inovasi EA, sebagian besar petani menggunakan bahan bakar minyak, yang cukup menelan biaya besar.

Karenanya, kehadiran inovasi tersebut berhasil membuat petani mampu menghemat hingga 90 persen untuk biaya penyiraman setiap musimnya. Darmawan berharap, ke depan program ini bisa semakin masif menyasar petani dalam upaya peningkatan hasil panen.

“Mudah-mudahan dengan sarana ini ekonomi Indonesia semakin kuat dan taraf hidup khususnya untuk para petani, peternak, petambak semakin baik. Kita bantu petani yang kesulitan mendapatkan BBM dengan energi listrik yang lebih bersih bagi petani,” katanya.

Sedangkan inovasi PLN Mobile bukan sekedar aplikasi saja, namun sudah menjadi one stop services kebutuhan masyarakat mulai dari layanan kelistrikan, layanan kendaraan listrik, hingga layanan internet.

Lewat PLN Mobile, masyarakat semakin mendapatkan layanan tercepat dari PLN. Saat ini, PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan prabayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pasca bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token.

Bersamaan dengan Indonesia Awards, juga di-launching iNews Media Group, yang merupakan bagian dari MNC Group. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia. iNews Media Group terdiri dari iNews Group, Sindonews Group, IDX Channel Group, dan Okezone Group.

Penyerahan penghargaan Indonesia Awards 2023 dilaksanakan bersamaan dengan Peluncuran iNews Media Group di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022). Turut hadir dalam acara tersebut Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Managing Director dan CFO iNews Media Group Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi, Direktur Sales dan Marketing iNews Media Group Esmal Diansyah, Programming Production and Content Acquisition Director at MNC Vision Networks Endang Mayawati, Direktur Programming iNews Khoiril Alam serta Ganjar Pranowo.

Dalam sambutannya, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, mengatakan bahwa iNews memiliki potensi besar untuk menjadi mitra yang berharga bagi masyarakat Indonesia dalam menyajikan berita. Melalui penyajian berita dalam berbagai bentuk, iNews diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan iNews bisa menjadi pendamping yang baik untuk masyarakat Indonesia dalam menyajikan news, dalam berbagai bentuk," katanya saat memberikan sambutan pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 dan Launching iNews Media Group.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual meresmikan launching iNews Media Group dan mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Indonesia Awards 2023. Presiden berharap, iNews Media Group dapat hadir memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

"Selamat atas peluncuran iNews Media Group, media pemberitaan multiplatform: tv, portal berita online, radio, media sosial yang hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Saya mengucapkan selamat kepada penerima Indonesia Awards 2023," kata Presiden Jokowi.

Malam puncak penganugerahan Indonesia Awards 2023 dan Peluncuran iNews Media Group disiarkan LIVE di iNews TV, serta secara streaming melalui Vision+ dan RCTI+.

Sederet bintang kenamaan Tanah Air turut hadir, antara lain Armand Maulana, Via Vallen, Salma Idol, Aldi Taher, Darak Badarak dan Cassidy Lee, serta dipandu oleh Cak Lontong, Robby Purba, dan Sere Kalina.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)