Pemerintah Akan Keluarkan Sukuk Global Lebih dari USD2 Miliar

Kamis, 23 Maret 2017 - 12:54 WIB
Pemerintah Akan Keluarkan Sukuk Global Lebih dari USD2 Miliar
Pemerintah Akan Keluarkan Sukuk Global Lebih dari USD2 Miliar
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bulan ini akan mengeluarkan surat utang berbasis syariah dalam bentuk mata uang USD. Rencananya, angka yang akan dikeluarkan senilai lebih dari USD2 miliar dan disebut global sukuk.

"Kami akan keluarkan, nilainya lebih besar daripada USD2 miliar," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Seperti diketahui, penerbitan sukuk global akan dilakukan untuk mendukung pembiayaan pemerintah dalam APBN 2017, dengan mempertimbangkan adanya diversifikasi pasar pembeli obligasi syariah Indonesia.

Diversifikasi ini dilakukan karena Arab Saudi sebagai salah satu pembeli sukuk global Indonesia sedang mengalami defisit anggaran tinggi, karena terkena dampak dari turunnya harga minyak dunia dan harus menerbitkan surat utang untuk menutup pembiayaan.

Penerbitan sukuk global ini juga sebetulnya sudah digaungkan sejak Januari dan memang pada bulan ini akan dikeluarkan. Sri Mulyani mengatakan, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Robert Pakpahan sedang mengurus untuk sukuk global tersebut bisa rilis bulan ini.

"Ini dari Pak Robert sedang melakukan transaksi dan close mungkin kita akan lebih besar dari USD2 miliar," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)