Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Mak Ganjar Latih Kaum Ibu Bikin Bola Ayam Krispi

Jum'at, 01 September 2023 - 10:30 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Mak Ganjar Latih Kaum Ibu Bikin Bola Ayam Krispi
Mak Ganjar Sumatra Barat menggelar pelatihan membuat bola ayam krispi di Komplek Kuala Nyiur 2, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Kamis (31/8/23). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mak Ganjar Sumatra Barat mendorong peran perempuan dalam menumbuhkan geliat ekonomi keluarga. Loyalis Ganjar Pranowo ini memberi terobosan ide dan peluang usaha menarik dari olahan daging ayam.

Mak Ganjar melatih kalangan ibu-ibu membuat bola ayam krispi di Komplek Kuala Nyiur 2, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (31/8/23).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumbar, Ulfa Yulida mengatakan inovasi camilan olahan ayam ini menarik minat kalangan ibu-ibu. Selain menjadi ide usaha kreatif untuk meningkatkan pendapatan keluarga, bola ayam krispi ini juga bisa dijadikan santapan keluarga.

"Kegiatan hari ini kami memang bertujuan membangun ekonomi kreatif keluarga. Kami memilih bola ayam krispi ini untuk sebagai ide jualan dan bekal keluarga agar nantinya menciptakan keluarga makanannya yang sehat terhindar dari pengawet-pengawet yang ada di luar," ucap Ulfa di lokasi.



Ulfa mengeklaim, modal yang diperlukan untuk membuat bola ayam krispi ini cukup minim sekitar Rp20.000 per 1/4 ekor ayam. Nantinya bahan tersebut bisa dibagi ke dalam beberapa bungkus, dan dijual mulai dari Rp3.000 per bungkusnya. Jajanan ini juga bisa dipasarkan dalam bentuk beku siap digoreng atau frozen food senilai Rp30.000 per ons.

"Untuk (bola) ayam krispi ini dijual rentan harganya cuma Rp3000. Itu terjangkau, sangat terjangkau tapi untungnya lumayan gede juga. (Untungnya) bisa seribu dalam Rp3000 kan lumayan bisa dia menciptakan sepuluh bungkus ayam itu dibungkus itu dikotak-kotak dikalilah Rp3000," jelas Ulfa.

Selain menawarkan ilmu baru kreasi olahan ayam yang bisa jadi peluang usaha rumahan berbasis UMKM, Mak Ganjar berupaya mendorong peran perempuan yang turut menyumbangkan pendapatan keluarga. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi perempuan Indonesia terhadap pendapatan keluarga cukup besar yakni sekitar 37,17 persen di tahun 2022.

Semangat pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender terus digencarkan Mak Ganjar sebagai bentuk komitmennya bagi kalangan ibu-ibu di seluruh Indonesia. Selaras dengan apa yang telah dilakukan oleh Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah dua periode. Dalam periodik itu, keberpihakan Ganjar terhadap kaum ibu begitu nyata terlihat melalui program-program pemberdayaan perempuan.

"Kita insyaallah banyak kegiatan yang bermanfaat selain memajukan kuliner bisa membentuk keterampilan seperti kita merajut tas atau menambahkan sampah-sampah bekas dan bisa juga bikin misalnya sabun cair mencuci piring banyaklah kegiatan-kegiatan nanti yang akan kita lakukan di sini," tutup dia.



Yuslinar selaku peserta mengaku senang adanya pelatihan semacam ini untuk mengasah kreativitas dan keterampilan ibu-ibu sehingga mampu menggugah semangat berwirausaha. Wanita berusia 41 tahun ini bakal mencoba kreasi bola ayam krispi ini di rumah, baik sebagai konsumsi keluarga maupun membuka usaha di rumah.

"Senang, alhamdulillah ada pelatihan ini dari Mak Ganjar semoga pelatihan ini emak-emak semuanya bisa membuka usaha kecil-kecilan UMKM," kata Yuslinar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)