Ganjar Pranowo Mendapat Replika Tongkat Uskup Agung, Ini Maknanya

Sabtu, 02 September 2023 - 04:43 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Mendapat Replika Tongkat Uskup Agung, Ini Maknanya
Gubernur Jawa Tengah yang juga Bacapres yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo menerima kenang-kenangan dari Keuskupan Agung Semarang, Jumat (1/9/2023). Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Keuskupan Agung Semarang, memberikan kenang-kenangan kepada Ganjar Pranowo, yang hendak purna tugas dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Kenang-kenangan itu berupa replika kepala tongkat Uskup Agung, Mgr. Robertus Rubiyatmoko.



Dalam replika kepala tongkat uskup agung tersebut, terdapat relief burung pelikan yang sedang melukai dirinya sendiri untuk memberi makan dan minum kepada anak-anaknya. Replika tersebut diserahkan oleh Vikjen Keusukupan Agung Semarang, Romo YR. Edy Purwanto.



Replika kepala tongkat uskup agung tersebut, memiliki makna mendalam tentang kepemimpinan. "Tujuannya (pemberian) siapapun yang memimpin, atau jadi pemimpin, harus siap memberikan diri untuk keselamatan bagi yang dipimpinnya," ucap Romo Edy.



Lebih lanjut Edy mengatakan, kenangan ini diberikan secara khusus oleh Romo Rubi, sapaan akrab Uskup Agung Semarang, kepada Ganjar dengan harapan agar Gubernur Jateng dua periode itu bisa menjaga kepemimpinannya yang rela berkorban bagi rakyatnya.

Dalam kesempatan itu, Edy menyampaikan apresiasi kepada Ganjar atas kepemimpinannya selama 10 tahun di Jawa Tengah. Umat katholik, kata Edy, merasa sangat diperhatikan. "Ini menjadi bentuk konkrit kehadiran negara, kehadiran pemerintah bagi gereja. Utamanya melalui Pak Gubernur yang sampai dengan hari ini tetap memberikan hatinya untuk semua terlebih untuk gereja," ujarnya.

Ganjar Pranowo Mendapat Replika Tongkat Uskup Agung, Ini Maknanya


Hal serupa disampaikan oleh para romo dan suster yang hadir dalam pertemuan tersebut. Suster Rusali yang merupakan Pimpinan Yayasan Marsudirini, menilai Ganjar merupakan sosok pemimpin yang sangat mengayomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0176 seconds (0.1#10.140)