Khasiat Surat Al-Insyirah, Salah Satunya Meredakan Sakit Dada

Sabtu, 02 September 2023 - 16:07 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Insyirah, Salah Satunya Meredakan Sakit Dada
Membacanya dapat meredakan sakit dada dan  jantung. Di samping itu, airnya dapat menghancurkan penyakit batu. Ilustrasi: alodokter
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Insyirah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, membacanya dapat meredakan sakit dada dan jantung. Di samping itu, airnya dapat menghancurkan penyakit batu.



Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazili dalam Kitab Khazinatul Asror juga menyebutkan siapa yang istikamah membaca Surar Al-Insyirah setelah salat fardhu, dia akan dimudahkan oleh Allah segala urusan dan mendapat rezeki yang tak terduga.

Selain itu, dengan membaca surah ini, setiap mukmin akan merasakan kelapangan dada. Apabila surat dibaca setelah selesai salat, maka dapat menghilangkan gelisah, resah, kesulitan, dan dijauhkan dari rasa malas dalam beribadah.

Surat Al-Insyirah merupakan surah ke-94 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 8 ayat. Surat ini lebih dikenal dengan sebutan "Surah Alam Nasyrah" yang terdapat di awal surat. Surat ini termasuk golongan surah Makkiyah dan memiliki arti kelapangan atau melapangkan.

Menurut riwayat Ibnu Jarir, Asbabun Nuzul Surat Al-Insyirah berkaitan dengan perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah yang diwarnai berbagai tekanan dan halangan dari kaum kafir Quraisy. Akhirnya Allah menurunkan surah ini dengan tujuan menghibur dan menyemangati Nabi dalam mengemban misi dakwah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)