Berkat PI Peduli Para Pekerja Rentan Bisa Nikmati Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sabtu, 02 September 2023 - 14:16 WIB
loading...
Berkat PI Peduli Para Pekerja Rentan Bisa Nikmati Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
PI Peduli berikan jaminan sosial kepada pekerja rentan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lewat program "PI Peduli" masyarakat kurang mampu secara ekonomi dan tergolong sebagai pekerja rentan bisa menikmati program jaminan sosial. Program itu merupakan hasil kolaborasi PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan BPJS Ketenagakerjaan yang diluncurkan pada Kamis (31/8/2023).



Direktur SDM Pupuk Indonesia Tina T. Kemala Intan menyampaikan, Pupuk Indonesia adalah BUMN inisiator perlindungan pekerja rentan pertama yang berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk program jaminan sosial ini. PI Peduli juga melibatkan karyawan Pupuk Indonesia untuk aktif membantu pekerja rentan melalui donasi.

"PI Peduli merupakan wadah bagi seluruh insan perusahaan untuk membangun tingkat kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar," jelas Tina, dalam keterangannya, Sabtu (2/9/2023).

Gerakan PI Peduli ini, tambahnya, merupakan implementasi perusahaan atas Inpres No. 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's).

Setidaknya 1.200 pekerja rentan di sekitar perusahaan akan mendapat perlindungan oleh Pupuk Indonesia selama enam bulan ke depan. Mereka mendapat jaminan perlindangan bersumber dari program TJSL dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Indonesia.

Pekerja rentan sendiri merupakan pekerja sektor informal yang kondisi kerjanya masih jauh dari layak, berpenghasilan rendah, memiliki risiko tinggi, bukan penerima upah, dan sangat rentan terhadap gejolak ekonomi. Misalnya nelayan, petani, buruh harian, pedagang kaki lima, ojek online, dan sebagainya.

Atas kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan ini Pupuk Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai "Inisiator Penggerak BUMN" atas komitmen dalam turut serta menjamin pekerja rentan. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha.

"Sebagai bentuk peningkatan kesadaran dan kepedulian, kami mengimbau seluruh karyawan dapat berpartisipasi dalam program PI Peduli ini," ujar Tina.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, perusahaan akan meminta setiap karyawan berpartisipasi aktif dan terlibat dalam Program Sosial Kemasyarakatan. Langkah ini merupakan salah satu pemenuhan KPI perusahaan bidang tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang merupakan arahan langsung dari Kementerian BUMN. Partisipasi karyawan dalam program PI Peduli bisa menjadi salah satu poin pendukung dalam pencapaian target tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)