Demi Lapangan Kerja Baru, Sandiaga Uno Dorong Pemberdayaan UMKM Belitung Timur

Minggu, 03 September 2023 - 12:00 WIB
loading...
Demi Lapangan Kerja Baru, Sandiaga Uno Dorong Pemberdayaan UMKM Belitung Timur
Menparekraf Sandiaga Uno terus mendorong penciptaan lapangan kerja baru. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) akan menciptakan lapangan kerja baru.



“Kita bisa maju jika UMKM kita, terberdayakan. Pertama, merekalah yang menciptakan lapangan kerja. Merekalah yang bisa menghidupkan ekonomi masyarakat. Belitung Timur memiliki potensi yang sangat besar. Saya melihat bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif ini tulang punggung ekonomi dari Belitung Timur ataupun Kabupaten Belitung juga,” kata Sandiaga Uno, dikutip Minggu (3/9/2023).

Mendorong agar UMKM berdaya ini, Mas Menteri (sapaan akrab Sandiaga), menegaskan, bahwa upaya itu sudah sesuai dengan amanah dari Presiden Joko Widodo. Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri acara Kelana Nusantara, pada tanggal 2 September 2023, di Kabupaten Belitung Timur.

“Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global. Melalui beberapa program unggulan yang ada agar di tahun 2024 bisa membuka 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor Parekraf,” ujar Sandiaga Uno.

Program-program yang sudah Kemenparekraf inisiasi yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, Anugerah Desa Wisata, dan lain sebagainya.

“Kemarin di Kabupaten Belitung, Desa Wisata Terong berhasil meraih penghargaan. Saya ucapkan selamat dan mari kerja sama dengan semangat 3G (Gercep; gerak cepat, Geber; gerak bersama, dan Gaspol; garap semua potensi online),” imbuh Sandiaga Uno.

Khususnya, Kabupaten Belitung Timur, salah satu Desa Wisata yang sangat dikenal di seluruh wilayah Nusantara yaitu Desa Wisata Lenggang atau lebih familiar dengan nama Desa Wisata Laskar Pelangi.

“Pulau Belitung ini sangat dikenal di seluruh wilayah Nusantara sebagai Pulau Laskar Pelangi yang kini sudah masuk ke dalam Jadesta (Jejaring Desa Wisata) dengan konsep 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas), dan juga mengadopsi 3SI (Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi) ini adalah langkah yang konkret untuk menciptakan Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur,” terang Sandiaga Uno.



Sandiaga mengingatkan, segala upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh stakeholder, khususnya para pelaku di sektor parekraf, pemilik UMKM, pengusaha maupun komunitas dapat bangkit bersama untuk menjadi lokomotif penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung Timur.

“Mari majukan parekraf Belitung Timur. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi,” pungkas Sandiaga Uno.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)