Kemenperin-UNIDO Bahas Peningkatan Daya Saing Industri Nasional

Rabu, 29 Maret 2017 - 13:57 WIB
Kemenperin-UNIDO Bahas Peningkatan Daya Saing Industri Nasional
Kemenperin-UNIDO Bahas Peningkatan Daya Saing Industri Nasional
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Industrial Development Organization/UNIDO) membahas mengenai peningkatan daya saing industri di Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan industri hijau, yang sejalan dengan visi UNIDO dalam upaya menciptakan pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

“Selain itu, kami juga menyoroti peran industrialisasi sebagai driver pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (29/3/2017)

Menurut Airlangga, pembahasan tersebut sekaligus menindaklanjuti kesepakatan proyek kerja sama yang tertuang dalam UNIDO-Indonesia Country Programme (ICP) 2016-2020. Misalnya, untuk penerapan prinsip industri hijau, upaya bersama yang akan dilakukan seperti mempromosikan efisiensi energi pada industri kecil dan menengah di Indonesia.

“Selanjutnya, mempromosikan penerapan sistem standar optimasi dan manajemen energi di Indonesia, pemanfaatan energi terbarukan lain seperti dari ombak laut,” paparnya.

Upaya lainnya, pengenalan Environmentally Sound Management dan Disposal System untuk limbah PCB serta Best Available Techniques (BAT) dan Best Environmental Practices (BEP) untuk proses pemanasan termal dalam industri logam di Indonesia.

Sementara itu, untuk memacu kapasitas industri nasional, Indonesia diharapkan mampu beralih dari jualan komoditas mentah menjadi ekspor produk manufaktur yang bernilai tambah tinggi. Sehingga, meningkatkan partisipasinya dalam rantai nilai global. “Apalagi, multiplier effect pengembangan industri akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan nasional,” ujarnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)