Ukraina Sebut Drone Rusia Jatuh dan Meledak di Rumania, Negara NATO Menyangkal

Selasa, 05 September 2023 - 09:23 WIB
loading...
Ukraina Sebut Drone Rusia Jatuh dan Meledak di Rumania, Negara NATO Menyangkal
Ukraina sebut drone Rusia jatuh dan meledak di wilayah Rumania selama serangan di Pelabuhan Izmail. Namun, Rumania menyangkal klaim tersebut. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Kyiv mengeklaim drone Rusia buatan Iran jatuh dan meledak di wilayah Rumania selama serangan di pelabuhan Izmail, Ukraina, pada Minggu malam.

Namun, Rumania—yang merupakan anggota NATO—menyangkal klaim Kyiv tersebut.

“Menurut Dinas Penjaga Perbatasan Negara Ukraina, [drone] Shahed Rusia jatuh dan meledak di wilayah Rumania semalam,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko pada hari Senin.

Dia mengatakan insiden itu terjadi selama serangan besar-besaran Rusia di pelabuhan Izmail, di sekitar Sungai Danube, di seberang Rumania.



Nikolenko membagikan gambar yang tampak seperti awan asap terang di dekat perairan Sungai Danube.

Juru bicara Dinas Penjaga Perbatasan Negara Andriy Demchenko mengatakan kepada AFP bahwa pernyataan Nikolenko kredibel. Menurutnya, ada dua ledakan yang terlihat.

“Kami mencatat dua ledakan di wilayah Rumania dekat pelabuhan Izmail selama serangan Rusia,” kata Demchenko.

Menyusul penarikan diri dari perjanjian pada bulan Juli yang mengizinkan ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam, Moskow telah menggempur pelabuhan-pelabuhan di selatan Ukraina termasuk Pelabuhan Izmail.

Sementara itu Rumania dengan tegas membantah klaim Kyivb bahwa drone Rusia jatuh dan meledak di wilayahnya selama serangan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)