Lotte World Tower, Gedung Tertinggi Kelima di Dunia

Senin, 03 April 2017 - 22:24 WIB
Lotte World Tower, Gedung Tertinggi Kelima di Dunia
Lotte World Tower, Gedung Tertinggi Kelima di Dunia
A A A
SEOUL - Perekonomian Korea Selatan tengah mengalami perlambatan, dimana pendapatan rumah tangga tahun lalu hanya naik 0,6% dan konsumsi turun 0,5%. Salah satu upaya mengatasi pelemahan ekonomi, Negeri Ginseng mempromosikan pariwisata dengan ikon anyar: Lotte World Tower, gedung terjangkung kelima di dunia.

Melansir dari Bloomberg, Senin (3/4/2017), Korea Selatan hari ini meresmikan Lotte World Tower yang memiliki ketinggian 555 meter dan 123 lantai. Meski bukan posisi teratas di dunia, namun gedung ini memiliki beragam keunggulan, yaitu lantai kaca observatorium tertinggi di dunia. Lantai kaca ini diklaim kuat bahkan bisa menahan berat seekor gajah dewasa.

Lotte World

Keunggulan berikutnya kolam renang tertinggi di dunia yang berada di lantai 85 dan lift tecepat di dunia, yang dapat mengocok pengunjung ke lantai atas dalam waktu satu menit!

Fasilitas lainnya adalah ruang konser spektakuler dengan tempat duduk untuk 2.000 orang, gedung bioskop, pusat perbelanjaan, akuarium raksasa dengan beragam biota laut.

Lotte World

Jika pengunjung merasa mual dengan ketinggian gedung, maka bisa mengunjungi lantai 118, dimana terdapat ruang untuk melihat pemandangan berupa burung-burung yang terbang di seantero kota, di atas persimpangan jalan Seoul yang hiruk pikuk.

Tidak hanya itu, Lotte World Tower juga menyajikan taman rekreasi yang dapat terlihat dari lantai 102. Di sini ada wahana taman berisi gelanggang es dan museum rakyat.

Lotte World

Sejatinya gedung yang dimiliki keluarga Shin Dong-bin ini, akan diluncurkan pada dua pekan yang lalu. Namun kendala teknis seperti gangguan pada lift, membuat gedung ini baru dibuka sekarang.

Pembangunan Lotte World Tower sendiri telah dilakukan tujuh tahun lalu dengan investasi 4 triliun won atau setara USD3,6 miliar. Bila dikonversi ke rupiah setara dengan Rp47,9 triliun (estimasi kurs Rp13.315/USD).

Lotte World

Dengan biaya besar, Lotte menargetkan gedung pencakar langit ini mampu menghasilkan 10 triliun won dan menarik 50 juta wisatawan. Menurut situs Korea Tourism Organization (KTO), gedung ini dirancang untuk menahan gempa berkekuatan lebih dari 9 skala Richter seperti yang menimpa Kobe, Jepang.

Lotte World

Gedung ini kabarnya bisa menahan badai yang lebih kuat dari badai Katrina yang pernah menghantam Amerika Serikat. Selain itu, setiap 20 lantai terdapat total lima area aman jika terjadi kebakaran. Area aman tersebut merupakan ruangan seperti bunker darurat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8193 seconds (0.1#10.140)