Deflasi Maret, BI Apresiasi Kebijakan Perdagangan Pemerintah

Rabu, 05 April 2017 - 15:57 WIB
Deflasi Maret, BI Apresiasi Kebijakan Perdagangan Pemerintah
Deflasi Maret, BI Apresiasi Kebijakan Perdagangan Pemerintah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menerangkan kebijakan perdagangan pemerintah memiliki peran sehingga Maret 2017 mengalami deflasi sebesar 0,02%. Jika dilihat dari 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), terjadi deflasi di 49 kota IHK dan 33 kota lainnya terjadi inflasi.

(Baca Juga: Di Luar Perkiraan, BPS Catat Maret 2017 Deflasi 0,02%
Deflasi tertinggi terjadi di Tanjung Pandan, pulau belitung sebesar 1,49% dan terendah di Padang dan Purwokerto 0,01%. Sedangkan inflasi tertinggi di merauke 1,24% dan terendah di Tembilahan dan Banjarmasin 0,01%.

Beberapa komoditas seperti padi, holtikultura yang mulai memasuki panen raya, menurut BI turut menggenjot potensi deflasi Maret lalu. "Tentu Alhamdulillah ada panen, juga kebijakan pemerintah di perdagangan bisa membantu terjadi deflasi. Ini baik sekali," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Namun, lanjut dia, meski terjadi deflasi di Maret, tetap pemerintah dan BI tak bisa santai. Banyak pekerjaan rumah yang tetap harus diselesaikan agar inflasi Indonesia bisa tetap terjaga dengan baik. Terlebih lagi, beberapa bulan ke depan, bulan Ramadhan dan Lebaran akan datang.

"Karena ini masih tiga bulan ya, tentu kita masih punya tantangan Lebaran. Masih ada tantangan juga di harga minyak internasional bagaimana dampaknya kepada inflasi di Indonesia," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)