Para Menteri Ekonomi ASEAN Gelar Roadshow ke Jepang

Jum'at, 07 April 2017 - 15:09 WIB
Para Menteri Ekonomi ASEAN Gelar Roadshow ke Jepang
Para Menteri Ekonomi ASEAN Gelar Roadshow ke Jepang
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita bersama para menteri ekonomi ASEAN pada 6 April 2017 memulai rangkaian kegiatan roadshow di Tokyo yang akan dilanjutkan ke Kyoto, Osaka dan berakhir pada 8 April di Wakayama City.

Roadshow ini bertajuk Era Baru Kerja Sama Ekonomi ASEAN-Jepang untuk Mengukir Masa Depan Bersama ASEAN dan Jepang dengan Mendukung Industri Baru dan UKM.

"Di tengah ketidakpastian perdagangan dunia seperti saat ini, ASEAN dan Jepang justru berupaya menggali lebih jauh potensi hubungan kemitraan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi," ujar dia dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Menurutnya, hal ini respons yang dapat ditunjukkan ASEAN bersama mitranya di kawasan, dalam hal ini Jepang, terhadap kegalauan yang mulai tumbuh bahwa dunia berada di bawah ancaman perang dagang yang jika benar terjadi akan sangat sulit diperbaiki.

Dalam roadshow ini, para menteri ekonomi ASEAN akan mempelajari lebih jauh potensi kerja sama yang besar dengan Jepang dalam hal inovasi, kewirausahaan, dan pengembangan industri baru.

Para menteri juga berharap bahwa melalui roadshow ini dapat diidentifikasi berbagai solusi untuk menghadapi tantangan mobilitas usaha, kebutuhan energi, dan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi.

"Menandai hari pertama pelaksanaan roadshow, para menteri ekonomi ASEAN diterima oleh Perdana Menteri Jepang Yang Mulia Shinzo Abe di kantornya di Chiyoda Ward, Tokyo, yang menekankan arti penting ASEAN bagi Jepang dalam hubungan ekonomi saat ini dan ke depan," tuturnya.

Roadshow ini diadakan atas kerja sama Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM), Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI), serta Sekretaris Jenderal ASEAN.

Kegiatan ini didukung pula oleh AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC), the Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), pelaku usaha, dan berbagai lembaga lainnya seperti Japan External Trade Organization (JETRO).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6761 seconds (0.1#10.140)