Biofarma Group Beberkan Inovasi Transformasi Digital di AIPF 2023

Kamis, 07 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
Biofarma Group Beberkan Inovasi Transformasi Digital di AIPF 2023
Biofarma mengungkap transformasi digitalnya di ajang AIPF 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Biofarma Group membagikan beragam solusi kesehatan dari hulu hingga hilir kepada delegasi gelaran ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023. Solusi tersebut di antaranya Medbiz, Medtrack, Mediverse, Medevo, Medwell, dan Q100+ Platform.



Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa langkah-langkah Biofarma tersebut sudah sejalan dengan rencana pengembangan bisnis digital BUMN. Menurut Erick, ekonomi digital Indonesia memang akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, sehingga sedang difokuskan investasi cukup besar pada pembangunan data center di Indonesia.

"Kita akan menjadi pemain data center di Asia Tenggara, diawali dengan penguatan kemitraan Telkom dan Telkomsel dengan mitra di Asia Tenggara. Kita ingin agar Indonesia tidak hanya menjadi market, tetapi kita juga menjadi pelaku utama dalam bisnis global," kata Erick, Kamis (7/9/2023).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Biofarma Group Soleh Ayubi menyampaikan bahwa Biofarma Group sebagai induk Holding BUMN Farmasi, saat ini sudah mengembangkan marketplace berbasis web dan aplikasi dengan nama Medicine Distribution Business Zone (Medbiz by Bio Farma).

“Medbiz merupakan bukti transformasi digital yang akan menjadi marketplace end-to-end, untuk distribusi obat-obatan dan alat kesehatan. Pembuatan Medbiz, sejalan dengan tujuan pembentukan Biofarma Group, yaitu untuk menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi yang terintegrasi, cepat dan efisien untuk mendorong terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia,” ungkapnya.

Medbiz menghadirkan berbagai keuntungan baik untuk retail dan distributor. Bagi retail, keuntungan yang didapatkan dia ntaranya yaitu B2B marketplace, online transaction, product authenticity, dll.

Soleh Ayubi menyampaikan inovasi produk digital lainnya yang dimiliki Biofarma Group yaitu Medtrack. Ini merupakan solusi teknologi yang dikembangkan untuk memantau dan melacak pergerakan produk, bahan, atau komponen dari titik awal hingga titik akhir dalam suatu rantai pasokan.

Medtrack digunakan dalam proses serialisasi dan distribusi vaksin COVID-19 dari tahun 2021 sampai dengan saat ini ke seluruh Indonesia.

“Sampai saat ini Medtrack berjalan selama 3 tahun dengan memberikan manfaat yang luar biasa untuk Bio Farma dan Indonesia. Sistem Medtrack dalam supply chain diimplementasikan dengan menggunakan teknologi seperti Barcode, IoT, GPS, dan dashboard berbasis cloud,” papar Ayubi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)