alexametrics

Ekspor Jepang Diproyeksi Naik untuk Bulan Keempat Berturut-turut

loading...
Ekspor Jepang Diproyeksi Naik untuk Bulan Keempat Berturut-turut
Ekspor Jepang diperkirakan naik untuk bulan keempat berturut-turut berkat permintaan global yang solid dan impor kemungkinan menguat tertinggi dalam tiga tahun. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Ekspor Jepang diperkirakan naik untuk bulan keempat berturut-turut berkat permintaan global yang solid. Sementara impor terlihat kemungkinan menguat tertinggi dalam tiga tahun karena harga minyak naik.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (14/4/2017), ekspor terlihat akan tumbuh 6,7% pada Maret dari tahun sebelumnya setelah mereka melonjak 11,3% pada Februari, jajak pendapat darei 18 analis.

Sebuah pemulihan harga minyak dan yen yang lemah mendorong impor Jepang naik 10,4% dari tahun lalu, kenaikan tercepat sejak Maret 2014 ketika naik 18,2% per tahun. Hal ini akan mengakibatkan surplus perdagangan sebesar 575,8 miliar yen, bulan ketiga dari surplus.



"Kami melihat ekspor pada tren meningkat di belakang pemulihan ekonomi global. Ekspor untuk Januari-Maret kemungkinan melampaui kuartal sebelumnya," kata Yoshiki Shinke, kepala ekonom di Dai-ichi Research Institute.

Para analis mengatakan, permintaan untuk komponen elektronik dari negara-negara Asia cenderung terus meningkatkan ekspor Jepang.

Jepang dan Amerika Serikat akan memulai dialog ekonomi pada 18 April, dengan Tokyo berusaha untuk menangkis tekanan AS demi mengurangi ketidakseimbangan perdagangan bilateral. Pernyataan kebijakan proteksionis Donald Trump telah membuat pemimpin Jepang khawatir, mengingat ekonomi Jepang bergantung pada ekspor.

Diskusi yang akan diadakan pada pekan depan akan lebih fokus pada pengaturan kerangka kerja untuk pembicaraan masa depan, bukan pada isu-isu industri tertentu.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak