Bukit Asam (PTBA) Dukung Pelestarian Songket Silungkang Khas Sawahlunto

Senin, 11 September 2023 - 13:44 WIB
loading...
Bukit Asam (PTBA) Dukung Pelestarian Songket Silungkang Khas Sawahlunto
PTBA turut mendukung event Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) ke-9 yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sawahlunto pada 7-10 September 2023.
A A A
JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) turut mendukung event Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) ke-9 yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sawahlunto pada 7-10 September 2023.

SISSCa merupakan salah satu Calendar of Event Kota Sawahlunto yang rutin digelar setiap tahun sejak 2015 dan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) pada Kementerian Pariwisata RI.

Kantor PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Penambangan Ombilin menjadi tempat pelaksanaan dan pentas utama SISSCa. PTBA juga merupakan pendukung utama event ini.

"Kami akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto dalam mendorong potensi daerah di sektor pariwisata. Salah satunya dengan menjadikan Songket Silungkang sebagai produk fashion yang bernilai ekonomis, berdaya saing tinggi dalam industri fashion nasional," kata Yulfaizon, General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pertambangan Ombilin.
Bukit Asam (PTBA) Dukung Pelestarian Songket Silungkang Khas Sawahlunto

Dalam event ini, ditampilkan kelincahan tangan dan kaki perempuan dalam menenun songket khas Kota Sawahlunto. Pameran diisi dengan booth UMKM, pengrajin tenun songket, hingga pameran foto. Pentas dari beberapa kelompok seni Kota Sawahlunto menambah kemeriahan acara.

Carnaval yang mengusung tema Unforgettable Sawahlunto berbahan Songket Silungkang dengan rute Terminal Pasar Sawahlunto - Pertigaan Mandiri Lapangan Segitiga digelar pada 9 September 2023.

Bersamaan dengan event SISSCa, dilaksanakan juga lomba melukis payung untuk siswa-siswi SD se-Sawahlunto.

SISSCa diharapkan semakin menguatkan citra dan promosi pariwisata Kota Sawahlunto, sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal hingga mancanegara. Kota Sawahlunto juga berkomitmen mendorong produk Songket Silungkang dengan kekuatan budaya yang terkandung di dalamnya, menjadi produk yang mendunia.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)