Pilkada Serentak Berpotensi Kerek Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I/2017

Rabu, 19 April 2017 - 16:25 WIB
Pilkada Serentak Berpotensi Kerek Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I/2017
Pilkada Serentak Berpotensi Kerek Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I/2017
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, Pilkada serentak di seluruh Indonesia, telah membawa dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan angka konsumsi masyarakat yang positif setiap ada pemilihan umum kepala daerah ataupun kepala negara.

Menurutnya dalam Pilkada DKI Jakarta kali ini, antusiasme masyarakat dinilai sangat positif dan disinyalir akan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi kuartal I 2017 yang akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), 5 Meil 2017 nanti. “So far kita lihat kuartal ini ekonomi masih tumbuh cukup positif. Karena ada kegiatan Pilkada ini konsumsi masyrakat masih terus tumbuh,” kata dia ketika dihubungi Sindonews, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

(Baca Juga: Menko Darmin Yakin Pilkada DKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Selain itu, lanjutnya, meskipun ada kenaikan tarif dasar listrik di Januari dan Maret, tapi daya beli masyarakat masih cukup kuat. Sehingga membuat kegiatan Pilkada akan berdampak cukup positif untuk kegiatan ekonomi khususnya di kota-kota besar. “Meskipun tidak terlalu besar ya. Tapi saya menilai ini cukup membantu meskipun ada kenaikan beberapa tarif,” katanya.

Kemudian sambung Josua, harga komoditas terjadi tren peningkatan sejak semester 2 tahun lalu, dan nett ekspor Indonesia akan lebih berkontribusi lagi ke pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini berpotensi menjadi sentimen positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dan rupiah juga akan cukup stabil ya, karena surplus di kuartal ini juga akan merefleksikan current account defisit kita. Defisitnya akan kembali berkurang, jadi kalau dilihat sentimen positif sebenarnya cukup banyak dari eksternal dan dari pelaku pasar,” pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9842 seconds (0.1#10.140)