Hadapi Produk Asing, Dekranas Bantu Perajin Melek Digital

Senin, 11 September 2023 - 21:11 WIB
loading...
Hadapi Produk Asing, Dekranas Bantu Perajin Melek Digital
Dekranas terus mendukung pengembangan perajin di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas ) terus berupaya mendorong usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) kriya untuk bersaing di pasar global. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memberikan edukasi dan pendampingan kepada perajin untuk memanfaatkan platform digital, seperti e-commerce.



Ketua Panitia Kriyanusa, Sri Suparni Bahlil Lahadalia, mengatakan, era digital telah menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM kriya. Di satu sisi, platform digital dapat menjadi sarana bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas. Di sisi lain, platform digital juga menjadi peluang bagi produk-produk impor untuk masuk ke pasar Indonesia.

"Nah, kita harus lebih aktif lagi membantu para perajin mempromosikan produk-produk mereka," ujar Sri Suparni dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Persaingan UMKM di Kancah Global", Senin (11/9/2023).

Menurut Sri Suparni, untuk menangkap peluang dan menghadapi tantangan ini, Dekranas rutin memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada perajin UMKM agar mereka dapat berjualan secara online. Pelatihan meliputi cara membuat konten menarik, cara menggunakan platform e-commerce, hingga cara memasarkan produk secara online.

Selain itu, Dekranas juga mendorong perajin meningkatkan kualitas produk mereka. Langkah ini penting dilakukan agar produk-produk UMKM dapat bersaing dengan barang impor yang membanjiri pasar online.

"Kita juga memberikan edukasi. Jadi kita harus lebih aktif lagi membantu para perajin mempromosikan produk-produk mereka," katanya.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan Dekranas meliputi berbagai aspek, mulai dari desain, kualitas, hingga pemasaran. Bahkan, para perajin juga turut didampingi oleh desainer-desainer profesional untuk menghasilkan produk yang dapat diterima selera pasar.

Dia berharap, desainer yang mendampingi pelatihan akan membantu perajin UMKM untuk menciptakan produk yang lebih menarik dan berkualitas. Di samping itu, Dekranas juga melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan kemitraan untuk meningkatkan branding produk UMKM.



"Kita melakukan berbagai kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk-produk UMKM. Kita juga melakukan kemitraan dengan berbagai pihak untuk membantu UMKM dalam memasarkan produk mereka," tandas Sri Suparni.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)