Saingi Jalur Sutra, Arab Saudi dan India Akan Terhubung dengan Jalur Kereta Api

Selasa, 12 September 2023 - 02:02 WIB
loading...
Saingi Jalur Sutra, Arab Saudi dan India Akan Terhubung dengan Jalur Kereta Api
Arab Saudi dan India akan terhubung melalui jalur kereta api untuk bersaing dengan Jalur Sutra. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Sebuah pelabuhan baru dan koridor kereta api untuk Timur Tengah dan Asia Selatan akan mencakup jalur kereta api ke India. Itu diungkapkan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri India yang menunjukkan

Ketika ditanya tentang usulan tersebut, Ausaf Sayeed, sekretaris Kementerian Luar Negeri, menjelaskan bahwa koridor tersebut akan mencakup kereta api ke India dan bukan hanya jalur melalui pelabuhan.

India akan terhubung dengan jalur kereta api adalah interpretasi yang tepat, dibandingkan India yang membangun jalur kereta api,” katanya menanggapi pertanyaan pada konferensi pers, dilansir Reuters.

Kesepakatan kereta api dan pelabuhan multinasional, yang beranggotakan Amerika Serikat, Arab Saudi, India, Uni Eropa, dan Uni Emirat Arab, dipandang sebagai respons terhadap Inisiatif Sabuk dan Jalan atau Jalur Sutra yang ambisius dari China.

"Koridor ini akan menjadi setara dengan Jalur Sutra dan Jalan Rempah-Rempah,” Menteri Investasi Saudi Khalid Al Falih mengatakan pada sebuah acara di New Delhi pada hari yang sama.



Falih menambahkan bahwa koridor tersebut akan menyediakan konektivitas energi yang lebih besar, bahan-bahan ramah lingkungan, serta bahan-bahan olahan dan jadi. "Itu akan menyeimbangkan kembali perdagangan global," katanya.

Selama kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman ke New Delhi pada hari Senin, India dan Arab Saudi juga membahas kemungkinan perdagangan mata uang lokal dan mempercepat negosiasi perjanjian perdagangan bebas antara India dan Dewan Kerja Sama Teluk, di mana Arab Saudi menjadi salah satu anggotanya. seorang anggota.

Sayeed mengatakan kedua negara menandatangani delapan perjanjian, termasuk perjanjian untuk meningkatkan kemitraan energi hidrokarbon mereka menjadi kemitraan energi komprehensif untuk energi terbarukan, minyak bumi dan cadangan strategis.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)