Hari Kartini, PLN Sebar 20.000 Buku

Sabtu, 22 April 2017 - 05:11 WIB
Hari Kartini, PLN Sebar 20.000 Buku
Hari Kartini, PLN Sebar 20.000 Buku
A A A
YOGYAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebar 20.000 buku ke berbagai pelosok daerah. Pemberian buku layak baca secara cuma-cuma tersebut dalam rangka memperingati hari Kartini. 20.000 buku tersebut disumbangkan ke lebih dari 150 taman bacaan, perpustakaan dan sekolah di seluruh Indonesia

Aksi sosial ini merupakan wujud empati PLN untuk meningkatkan minat baca masyarakat guna memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Sementara PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta menyumbangkan sebanyak 1.840 buku bacaan.

Secara simbolis, penyerahan 283 buku dilakukan oleh Manager Area Pengatur Distribusi Jateng dan Yogyakarta, Arsyadany Ghana Akmalaputri kepada Pengurus Rumah Pintar Tresno Asih, Endang Supadmi atau akrab disapa Eni, di Rumah Pintar Tresno Asih.

Arsyadany berharap, adanya sumbangan buku dapat meningkatkan minat baca anak-anak di lingkungan sekitar Rumah Pintar Tresno Asih. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian PT PLN terhadap pembangunan sumber daya manusia di tanah air. Dengan buku-buku tersebut diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan bangsa.

"Semoga bisa bermanfaat untuk anak-anak disekitar sini. Jangan bertanya apa yang telah negara berikan, tapi berkatalah apa yang telah kita berikan untuk bangsa dan negara," tuturnya, Jumat (21/4/2017).

Penyerahan buku juga dilakukan serempak di beberapa kantor PLN di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, seperti Area Pekalongan 209 buku untuk Perpustakaan Dimurti, Area Cilacap 125 buku untuk Perpustakaan Desa Danasri Lord dan TK Islam Avicen, Area Surakarta 317 buku untuk Taman Cerdas Semanggi.

Area Semarang 149 buku untuk Taman Bacaan Mortir, Area Kudus 152 buku untuk Rumah Belajar Ilalang, Area Purwokerto 132 buku untuk Taman Bacaan Kurdi dan Taman Bacaan Jendela kita, Area Klaten 103 buku untuk Taman Bacaan Walangreh (Omah Wayang), Area Demak 85 buku untuk Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah.

Unit Layanan Salatiga 30 buku untuk Taman Bacaan Radhwa, Area Magelang 70 buku untuk perpustakaan Mawar, Area Tegal 25 buku untuk perpustakaan Daerah Kota Tegal serta Area Yogyakarta yang menyumbang sebanyak 180 buku untuk Rumah pintar Mata Aksara.

"Penyerahan buku layak baca ini dilakukan serentak di beberapa wilayah di Indonesia oleh seluruh unit PLN pada peringatan Hari Kartini 21 April 2017," ungkapnya.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menyebutkan, kegiatan pemberian buku layak baca ini sebagai wujud kepedulian PLN yang terinspirasi dari jiwa sosial Ibu Kartini.

Dengan mengambil momentum Hari Kartini 21 April 2017, PLN mengadakan pemberian buku serentak oleh unit-unit PLN di berbagai lokasi sekaligus sebagai perayaan Hari Kartini. "Buku-buku ini merupakan sumbangan dari pegawai PLN, serta bantuan Program PLN Peduli," ujar Made.

Dengan mengambil tema "Kartini Inspirasi Negeri," buku-buku yang dikumpulkan dari pegawai PLN se-Indonesia ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak bangsa untuk terus berkarya, serta memupuk jiwa kebersamaan antar insan PLN.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5870 seconds (0.1#10.140)