alexametrics

Bank Jatim Bukukan Kenaikan Laba Bersih 8,68%

loading...
Bank Jatim Bukukan Kenaikan Laba Bersih 8,68%
Bank Jatim mencatatkan kinerja keuangan positif pada Maret 2017 dengan laba bersih tercatat Rp340 miliar atau tumbuh 8,68% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim mencatatkan kinerja keuangan positif pada Maret 2017 (audited). Laba bersih Bank Jatim tercatat Rp340 miliar atau tumbuh 8,68% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).

"Pertumbuhan kredit perlahan tapi pasti menunjukkan peningkatan sebesar Rp29,29 triliun atau tumbuh 3,62% (YoY)," kata Direktur Utama Bank Jatim R Soeroso dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (22/4/217).

Pertumbuhan signifikan terjadi pada kredit program modal kerja yang dimiliki Bank Jatim. Pundi Kencana dan Laguna yang merupakan kredit modal kerja tumbuh masing-masing 10,13 % (YoY) dan 106,50 % (YoY).



Kredit Si Umi (Siklus Mikro Kecil) yang diperuntukkan untuk usaha mikro tumbuh luar biasa dengan mencatatkan pertumbuhan 902,15% (YoY).

Pada triwulan I 2017, Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim di sektor tabungan masih mendominasi dengan mencatatkan pertumbuhan 10,90% (YoY) yaitu sebesar Rp. 12,19 triliun.

"Pertumbuhan tabungan yang signifikan tersebut menunjukkan keberhasilan bankjatim dalam mengelola dana murah," ujarnya.

Menurut Soeroso, Keberhasilan tersebut diperkuat dengan CASA rasio bankjatim sebesar 74,72 % (selama lebih dari 14 tahun, CASA rasio bankjatim berada diatas 65 %). Kepercayaan nasabah bankjatim yang meningkat menjadi salah satu faktor pertumbuhan tabungan di triwulan I.

Rasio keuangan Bank Jatim posisi Maret 2017 lebih baik dibandingkan periode tahun sebelumnya, antara lain, Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,18% dari sebelumnya 6,83%, Return on Asset (ROA) 3,80 % menjadi 3,96%, terjadi efisiensi pada Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) dari 65,32 % menjadi 62,62%.

"Kinerja Bank Jatim di triwulan I diwarnai catatan sejarah dengan membuka kantor cabang di luar pulau Jawa untuk pertama kalinya sejak berdirinya bank ini," ungkapnya.

Dia menuturkan, Batam yang dipilih sebagai destinasi pengembangan jaringan kantor dinilai mampu menjadi ladang Bank Jatim dalam memberikan pelayanan dan kepuasan bertransaksi khususnya bagi pengusaha dan pedagang yang memiliki transaksi perdagangan antar pulau khususnya dengan Jawa Timur.

Kedepan Bank Jatim terus memperkuat jaringan hingga kepelosok daerah dengan memperbanyak titik layanan.

Adapun total aset pada 2017, perseroan memprediksi meningkat 9,19%, sementara penghimpunan DPK tumbuh 12,57% dengan penyaluran kredit direncanakan meningkat 11,75%
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak