Panjang Kapal Raksasa Prancis Tiga Kali Lapangan Sepak Bola

Minggu, 23 April 2017 - 19:18 WIB
Panjang Kapal Raksasa Prancis Tiga Kali Lapangan Sepak Bola
Panjang Kapal Raksasa Prancis Tiga Kali Lapangan Sepak Bola
A A A
JAKARTA - Panjang kapal raksasa Prancis CMA CGM jurusan Indonesia-Los Angeles, Amerika Serikat, setara tiga kali lapangan sepak bola. Seperti diketahui, panjang lapangan sepak bola harus berukuran antara 90 meter hingga 120 meter.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, panjang kapal CMA CGM 334 meter. Panjangnya ini menjadikan kapal raksasa pertama yang singgah di Indonesia.

"Priok jadi tuan rumah ajang besar, panjangnya 334 meter, kapal besar pertama kali di Indonesia. Singgah di sini bongkar muat kapasitas lebih dari 8.000 TEUs," ujarnya di Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Pada awalnya, Budi menjelaskan, pelayaran ini belum maksimal tapi jadi hal baik daripada transhipment milik Indonesia. Sebab, barang yang menuju Amerika selama ini memakan biaya mahal.

"Dengan adanya transhipment ini lebih murah dan cepat. Minggu lalu try call, sekarang perdana dilakukan serta selanjutnya regular bisa dilayani JICT window time 24 jam ada 17 kapal layani Indonesia secara bergantian," katanya.

Dia menambahkan, Priok sudah mampu menangani kapasitas kapal besar buat efisiensi kecepatan logistik Indonesia lebih baik. Selanjutnya, Priok akan jadi pelabuhan besar dengan target kapasitas meningkat dari angka 6 juta TEUs jadi 12 juta TEUs.

"Pemerintah dorong Priok jadi hub internasional dengan direct call jarak jauh, peningkatan infrastruktur, dan fasilitas Priok layani kapal berukuran besar. Saya minta kepada IPC tingkatkan efisiensi, beri harga murah, Kementerian Perhubungan juga beri harga kompetitif," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8590 seconds (0.1#10.140)