5 Ciri-ciri Asam Urat di Pergelangan Kaki dan Cara Alami Mengobatinya

Kamis, 14 September 2023 - 05:00 WIB
loading...
5 Ciri-ciri Asam Urat di Pergelangan Kaki dan Cara Alami Mengobatinya
Ciri-ciri asam urat di pergelangan kaki yang harus diwaspadai. Asam urat adalah radang sendi yang menyerang persendian di dekat ujung anggota tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ciri-ciri asam urat di pergelangan kaki yang harus diwaspadai. Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyerang persendian di dekat ujung anggota tubuh, termasuk pergelangan kaki.

Asam urat biasanya berkembang ketika kristal asam urat terbentuk di persendian dan jaringan lunak sehingga memicu peradangan. Dalam banyak kasus, asam urat biasanya hanya menyerang jempol kaki, namun bisa juga menyerang pergelangan kaki, lutut, dan kaki.

Asam urat umumnya berdampak pada satu sendi dalam satu waktu. Namun, penyakit ini dapat memengaruhi banyak sendi dan jaringan lunak jika intensitas, frekuensi, atau keduanya memburuk.

Ciri-ciri Asam Urat di Pergelangan Kaki



Berikut ciri-ciri asam urat di pergelangan kaki dilansir dari Medical News Today, Kamis (14/9/2023).



1. Hangat di sekitar area yang terkena
2. Bengkak pada sendi dan sekitarnya
3. Nyeri tekan di daerah yang terkena
4. Kulit memerah dan berkilau di sekitar area yang terkena
5. Rasa sakit yang parah dan hebat

Asam urat seringkali menyebabkan gejala datang dan pergi dalam masa remisi atau tanpa gejala dan flare atau dengan gejala aktif. Gejala asam urat cenderung muncul dengan cepat selama beberapa jam dan berlangsung selama 3–10 hari.

Setelah serangan asam urat yang pertama, kebanyakan orang mengalami serangan asam urat lebih lanjut. Di mana seringkali dalam waktu satu atau 2 tahun setelah serangan pertama.

Jika kadar asam urat terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama, endapan seperti kapur yang disebut tophi dapat terbentuk di sekitar sendi dan jaringan lunak yang terkena. Kondisi ini bisa menimbulkan benjolan yang terlihat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)