Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Bahasa Arab, Latin, Terjemahan Serta Keutamaan

Rabu, 13 September 2023 - 19:34 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Bahasa Arab, Latin, Terjemahan Serta Keutamaan
Sholawat Nariyah dianjurkan untuk dihafal dan dipahami maknanya mengingat keutamaannya yang agung. Foto/dok Islamsea
A A A
Bacaan Sholawat Nariyah termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat. Keutamaan membaca sholawat tak perlu diragukan lagi.

Selain perintah langsung dari Allah dalam Al-Qur'an, dalam Hadis Nabi ﷺ juga bersabda: "Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Umat Muslim telah banyak mengetahui bacaan sholawat. Beberapa di antaranya yang populer seperti Sholawat Jibril, Sholawat Badar, Sholawat Syifa, hingga Sholawat Nariyah.

Sholawat Nariyah dianjurkan untuk dihafal dan dipahami maknanya. Berikut bacaan dan keutamaan Sholawat Nariyah.

Bacaan Sholawat Nariyah
اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ فيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman 'ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa 'ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi'adadi kulli ma'luumin lak.

Terjemahan: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat beliau yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Sholawat Nariyah
Sebagaimana bacaan sholawat pada umumnya, Sholawat Nariyah juga memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah menolak datangnya suatu bencana, tentunya atas izin Allah.

Ibnu Hajar al-Asqalani menyampaikan bahwa Sholawat Nariyah menjadi amalan yang dilakukan para ulama ketika mereka memohon suatu hajat kepada Allah atau menolak datangnya suatu bencana. Sholawat Nariyah ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 4.444 kali.

Kemudian, Imam al-Qurthubi juga pernah menyampaikan: "Barangsiapa membaca shalawat ini (al-Nariyah/al-Tafjiriyah) sebanyak 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan mengusir kesulitannya, mengusir kesedihannya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya menurut kadar imannya, meninggikan derajatnya, meluaskan rezekinya, membukakan pintu-pintu kebaikan, melindunginya dari kehancuran sepanjang tahun, menyelamatkan dari berbagai musibah kelaparan dan kemiskinan, hingga dikabulkannya doa dari segala doa."

Demikian ulasan mengenai bacaan Sholawat Nariyah beserte terjemahan dan keutamaannya yang bisa disimak. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3092 seconds (0.1#10.140)