Siap Negosiasi Ulang Perjanjian Dagang, AS Tunda Keluar dari NAFTA

Jum'at, 28 April 2017 - 10:41 WIB
Siap Negosiasi Ulang Perjanjian Dagang, AS Tunda Keluar dari NAFTA
Siap Negosiasi Ulang Perjanjian Dagang, AS Tunda Keluar dari NAFTA
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kepada Meksiko dan Kanada bahwa dirinya ingin menegosiasikan ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau yang dikenal dengan sebutan NAFTA (North American Free Trade Agreement) dan bukan ingin membatalkannya. Sementara sebelumnya laporan terbaru menyatakan bahwa Trump siap menyusun perintah eksekutif untuk mengakhiri perjanjian dagang tersebut.

Seperti dilansir BBC, Jumat (28/4/2017) selama kampanye pemilu lalu, Trump menyebutkan NAFTA sebagai kesepatakan perdagangan terburuk yang pernah ada dan mematikan pekerja lokal AS. Namun Gedung Putih mengatakan, telah sepakat untuk tidak mengakhiri NAFTA saat ini, bahkan pemimpin Meksiko dan Kanada saat ini setuju untuk melakukan negosiasi ulang agar mengaktifkan NAFTA.

Kebalikan sikap AS ini mengejutkan pasar, sehingga membuat peso Meksiko dan dolar Kanada lebih tinggi setelah sempat mencetak kerugian awal pekan ini. Pihak AS kabarnya sedang mendesak para pemimpin Meksiko dan Kanada untuk melakukan negosiasi ulang secepat mungkin. "Ya, saya akan mengakhiri NAFTA pada dua atau tiga hari dari sekarang," ucap Trump.

"Presiden Meksiko yang memiliki hubungan sangat baik dengan saya, sempat menelepon. Begitu juga Perdana Menteri Kanada dan saya berhubungan baik, saya menyukai keduanya. Mereka menelepon saya dan mengatakan daripada mengakhiri NAFTA, Anda dapat menegosiasikan kembali," sambungnya.

"Saya sangat menyukai mereka sekali, serta menghormati negara mereka. Hubungan mereka sangat istimewa dan saya katakan bakal menahan atas terminasi. Mari kita lihat apakah kita dapat membuat kesepakatan yang adil. Karena NAFTA sudah menjadi kesepakatan yang mengerikan bagi Amerika Serikat," papar dia.

Komentar Trump tersebut muncul setelah beberapa hari setelah AS memberlakukan tarif baru terhadap ekspor kayu lunak Kanada. Organisasi Perdagangan Dunia mengatakan Meksiko dapat menuntut USD160 juta pertahun kepada Amerika Serikat terkait sanksi perdagangan ikan tuna (Tuna Dolphin Case). Di awal jabatanya, Trump telah memenuhi janji dengan menandatangi perintah eksekutif untuk mengundurkan dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5132 seconds (0.1#10.140)