Inilah 13 Nama Raja Majapahit dari Awal Berdiri hingga Masa Keruntuhan

Kamis, 14 September 2023 - 09:09 WIB
loading...
Inilah 13 Nama Raja Majapahit dari Awal Berdiri hingga Masa Keruntuhan
Ada 13 Raja Majapahit yang pernah menduduki kursi kepemimpinan kerajaan tersebut. Foto/Dok. Ist
A A A
JAKARTA - Ada 13 Raja Majapahit yang pernah menduduki kursi kepemimpinan kerajaan tersebut. Kerajaan Majapahit diketahui muncul pada tahun 1293 hingga runtuh pada 1527 Masehi.

Selama berdiri sebagai kerajaan yang kokoh, Majapahit berhasil menguasai hampir seluruh wilayah di Asia Tenggara. Hal tersebut tentu tak lepas dari peranan sang raja yang mempunyai segala cara untuk memajukan kerajaannya.

Berikut ini adalah deretan Raja Majapahit dari awal berdiri hingga runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Raja Majapahit dari Masa ke Masa


1. Raden Wijaya (1293-1309 M)


Raden Wijaya , atau Dyah Wijaya, adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Majapahit yang memerintah pada tahun 1293-1309 dan bergelar Sri Kertarajasa Jayawardana.



Raden Wijaya lahir dengan nama Dyah Wijaya dan merupakan cucu dari Mahisa Campaka atau Narasinghamurti. Menurut Nagarakretagama, Raden Wijaya adalah anak dari Dyah Lembu Tal, seorang perwira yuda yang gagah berani dan merupakan ayah dari Raden Wijaya.

Setelah Kerajaan Singasari runtuh karena pemberontakan Jayakatwang, Raden Wijaya harus menempuh perjalanan panjang untuk membalas dendam. Termasuk bekerjasama dengan pasukan dari Kekaisaran Mongol.

Kemudian ia berusaha menyingkirkan pasukan Mongol dari tanah Jawa. Lalu ia pun mendirikan Desa Majapahit dan memproklamasikan dirinya sebagai raja pertama Majapahit pada tanggal 15 Kartika 1215 Saka (10 November 1293).

Selama masa pemerintahannya, Raden Wijaya membangun kerajaannya dengan mengembangkan perdagangan. Selain itu ia juga mengadakan hubungan diplomatik dengan negara-negara tetangga seperti Cina dan Kamboja.

2. Kalagemet atau Sri Jayanagara (1309-1328 M)


Jayanagara merupakan anak Raden Wijaya dari permaisuri Gayatri. Ia menghadapi banyak pemberontakan selama masa pemerintahannya, seperti dari Sadeng, Keta, dan Wurawari. Namun, ia berhasil menumpas mereka dan mempertahankan kekuasaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6224 seconds (0.1#10.140)