alexametrics

Harga Bawang Putih di Daerah Ini Melonjak 100%

loading...
Harga Bawang Putih di Daerah Ini Melonjak 100%
Harga bawang putih dan wortel di sejumlah pasar tradisional Jember mulai merangkak naik hingga 100%. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JEMBER - Harga bawang putih dan wortel di sejumlah pasar tradisional Jember mulai merangkak naik hingga 100%. Kenaikan ini menurut para pedagang karena pengiriman bawang putih dari sentral bawang putih di Indonesia tersendat.

Di Pasar Tanjung Jember, harga barang putih kini mencapai Rp54 ribu per kilogram (kg) dari harga semula pada dua hari lalu yang hanya Rp28 ribu per kg.

Tidak hanya bawang putih, harga wortel juga melonjak dari semula Rp11 ribu per kg naik menjadi Rp20 ribu per kg. Kekurangan stok inilah yang menjadi penyebab melambungnya harga bawang putih dan wortel.



Apalagi, menjelang Ramadan dimungkinkan harga bawang putih dan wortel berikut sembako lainnya bakal makin menjulang. Silda, ibu rumah tangga meminta agar harga bawang putih stabil agar dirinya tidak resah karena uang untuk belanja pemberian suami tidak bakal cukup lagi membeli sembako.

Menjelang Ramadan diperkikaran semua bahan pokok dan sayuran mengalami kenaikan. Dia berharap pemerintah membantu menstabilkan harga, sehingga para ibu rumah tangga dapat memakai uang dengan baik.

Sementara itu, wawan, seorang pedagang sayur membenarkan kenaikan harga bawang putih yang fantastik. Dia juga memprediksi harga akan semakin tinggi saat mendekati Ramadan.

Kondisi ini menyebabkan turunnya daya beli konsumen di toko milik wawan lantaran harga bawang putih dan wortel mahal.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak