BPS Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Daging

Selasa, 02 Mei 2017 - 16:48 WIB
BPS Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Daging
BPS Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Daging
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto meminta pemerintah dapat mengantisipasi kenaikan harga komoditas seperti daging ayam dan sapi menjelang Ramadan dan Lebaran. Kenaikan harga daging ayam termasuk harga bawang putih menyumbang inflasi pada April.

"Pada April, hampir seluruh bahan makanan mengalami deflasi, tapi ada komoditas yang masih alami inflasi, yaitu bawang putih dan daging ayam. Hanya bawang putih saja yang masuk hortikultura," kata dia di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Dia menyadari, harga daging ayam dan sapi ketika Lebaran mengalami kenaikan. Namun, jika bulan ini harga daging ayam mulai naik, diharapkan harga turun menjelang Lebaran. "Bulan ini bagus ada kenaikan bawang putih dan daging ayam. Mudah-mudahan bisa dikendalikan untuk puasa dan Lebaran, naiknya jangan terlalu tinggi," imbuhnya.

Untuk komoditas bawang merah, pihaknya mengakui di beberapa daerah masih terdapat panen. Sehingga, suplai bawang merah masih terjaga dan menimbulkan deflasi. "Justru bawang merah alami deflasi bulan April. Maka secara umum, saya pikir inflasi April ini sangat bagus," kata Suhariyanto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5702 seconds (0.1#10.140)