BPS Berharap Panen Raya Pengaruhi Angka Inflasi Mei-Juni

Selasa, 02 Mei 2017 - 18:31 WIB
BPS Berharap Panen Raya Pengaruhi Angka Inflasi Mei-Juni
BPS Berharap Panen Raya Pengaruhi Angka Inflasi Mei-Juni
A A A
JAKARTA - Pada bulan ini dan bulan depan, sektor pertanian akan mengalami masa panen raya. Badan Pusat Statistik (BPS) menilai hal ini bakal bepengaruh terhadap angka inflasi, dimana angka inflasi akan terkendali.

Dari data bulan lalu, BPS mengatakan angka inflasi bulan April cukup terkendali, dengan angka komponen bahan makanan mengalami deflasi 1,13%. Padahal, bulan lalu musim panen belum begitu terasa.

"Kalau kita lihat bahan makanan mengalami deflasi di bulan lalu. Saya pikir ini pengaruh gabungan karena adanya panen," kata Kepala BPS, Suhariyanto di Jakarta, Selasa (2/5/2017)

Ia melanjutkan bahwa kemampuan pengendalian harga sedari awal merupakan langkah antisipasi pemerintah. Pasalnya di tahun 2017, penyebab inflasi adalah administrated price. Dengan adanya kondisi ini, harus ada penetralisir agar kondisi tidak terlalu bergejolak.

"Jadi salah satu cara untuk netralisir harus mampu mengendalikan harga bahan makanan. Dan itu saya pikir terbukti beberapa bulan mengalami deflasi," katanya.

Hanya saja, pemerintah harus berhati-hati di bulan puasa terutama Juni. Situasi tersebut karena berbarengan dengan kenaikan tarif listrik yang terjadi di Mei. Tapi, kata Suhariyanto, dampak besar yang terjadi yakni, presentase rumah tangga yang menggunakan listrik paska bayar yang melakukan pembayaran di bulan Juni bukan Mei.

"Jadi presentase paska bayar lebih tinggi dari yang pra bayar. Rata-rata pemakaian yang paska bayar juga lebih tinggi dibandingkan dengan pra bayar. Karena dia bayar duluan pakai token, tapi kalau paska bayar sesudah pemakaian baru bayar, sehingga sebulan baru bayar," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5495 seconds (0.1#10.140)