BRI Gulirkan Dana Rp5 Miliar ke Pulau Terpencil

Kamis, 04 Mei 2017 - 00:37 WIB
BRI Gulirkan Dana Rp5 Miliar ke Pulau Terpencil
BRI Gulirkan Dana Rp5 Miliar ke Pulau Terpencil
A A A
SINABANG - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menggulirkan bantuan dana yang akan digunakan untuk perbaikan sarana penunjang pendidikan dengan total bantuan Rp5 miliar di beberapa pulau terluar yang tersebar di seluruh Nusantara.

Selain bantuan dana pembangunan sarana fisik, Bank BRI juga menyalurkan bantuan berupa 150 unit buku sekolah dasar ke tiap-tiap sekolah, dengan total anggaran mencapai Rp200 juta.

"Sementara untuk para siswa yang berprestasi dari masing-masing kelas juga ikut mendapatkan apresiasi berupa beasiswa tabungan Junio dan perlengkapan sekolah," kata Executive Vice President (EVP) BRI Nurullah Akhsan saat memberikan bantuan di SDN 7 Simeulue Timur dan SDN 12 Teupah Barat, Sinabang, di Nangroe Aceh Darrusalam, Rabu (3/5/2017).

Di kesempatan yang sama, para siswa SD juga diberikan pengetahuan terkait keuangan dalam lingkup yang sederhana.

Menurut dia, ini merupakan upaya Bank BRI menyukseskan program yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan indeks literasi keuangan. Selain mendapatkan materi, para siswa SD juga mendapatkan buku literasi keuangan serta alat peraga untuk memudahkan mereka dalam memahami seluk beluk keuangan.

Rencananya, program ini akan diselenggarakan oleh BRI setiap tahunnya dalam rangka peran aktif lembaga perbankan untuk terus secara berkesinambungan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Program ini bagian dari yang ada dalam BRI. Setiap tahun kita laksanakan ke lapangan, salah satunya ini dalam bidang pendidikan. Jadi masyarakat Indonesia yang berpotensi mendapat pendidikan layak lebih tinggi karena keterbatasan finasial, bisa terbantu oleh BRI," ujar dia.

Dengan mengusung tema 'BRI Mencerdaskan Anak Bangsa', kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Bank BRI dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Dia menuturkan, melalui program BRI Mencerdaskan Anak Bangsa, Bank BRI berusaha menjangkau daerah tertinggal.

Selain di Pulau Simeuleu, emiten BUMN ini juga menggelar kelas inspirasi di 20 SD yang diantaranya berada di Pondok Suguh dan Lubuk Pinang di Muko Muko, Baa dan Pulau Rote, Dobo dan Langgur di Tual, Petta dan Tidore di Tahuna, Sungai Nyamuk dan Nunukan di Kalimantan Utara, Badau dan Semitau di Putussibau, Kartum dan Nabire, Mindiptana dan Boven Digul di Papua, serta Ranai dan Sedanau di Kepulauan Natuna.

Executive Vice President (EVP) BRI Anik Hidayati menambahkan, SD menjadi fokus dari program ini karena masih banyak SD belum memiliki sarana dan prasana yang layak. Selain itu, siswa SD merupakan anak bangsa yang lebih terbuka terhadap inspirasi, aspirasi dan pemikiran baru.

"BRI hadir untuk seluruh lapisan masyarakat dan berada hingga ke pelosok. Tempat-tempat yang dipilih untuk menjadi lokasi kegiatan BRI Mencerdaskan Anak Bangsa juga terdapat unit kerja Bank BRI, baik itu BRI Unit maupun Kantor Cabang Pembantu. Hal ini menunjukkan bahwa Bank BRI hadir di setiap jengkal pelosok negeri," terang dia.

Pihaknya berharap, kelas ini mampu menginspirasi dan menggugah minat anak-anak usia SD untuk lebih giat lagi dalam belajar. Melalui program BRI Peduli secara konsisten telah melakukan berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan mutu di bidang pendidikan, seperti pemberian beasiswa, renovasi sekolah dan bantuan sarana penunjang pendidikan lainnya.

"Di tahun ini BRI juga akan membangun 60 Taman Bacaan yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menggandeng Balai Pustaka," ungkapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1985 seconds (0.1#10.140)