Intel AS: Kapasitas Pembuatan Kapal Perang China 200 Kali Lebih Besar dari Amerika

Jum'at, 15 September 2023 - 18:49 WIB
loading...
Intel AS: Kapasitas Pembuatan Kapal Perang China 200 Kali Lebih Besar dari Amerika
Intelijen Angkatan Laut AS menyebut kapasitas pembuatan kapal perang China 200 kali lebih besar dari Amerika. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sebuah bocoran laporan intelijen Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengungkapkan sebuah fakta yang mengejutkan terkait persaingan pembuatan kapal perang dengan China . Laporan itu menyebut kapasitas pembuatan kapal perang China 200 kali lebih besar dari AS.

Menurut The War Zone, sebuah buletin online, slide pengarahan AL AS yang bocor berisi informasi tersebut beredar di dunia maya pada bulan Juli lalu. Dalam slide yang diberi judul "PLAN vs. USN Naval Force Laydown" dan tampaknya diberi tanda "unclassified" itu kapasitas pembuatan kapal China 232 kali lebih besar dari AS.

Menurut data yang terlihat pada slide, galangan kapal China mempunyai kapasitas produksi lebih dari 23,2 juta ton. Jumlah ini 232 kali lebih besar dibandingkan kapasitas produksi AS yang kurang dari 100.000 ton.

Pergeseran ini juga tampak kontras dengan komposisi kekuatan tempur kedua angkatan laut, dengan mempertimbangkan kapal perang, kapal selam, kapal perang ranjau, kapal amfibi besar, dan kapal perang pendukung tambahan besar.



Seorang juru bicara Angkatan Laut AS mengatakan kepada Fox News Digital dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada 14 September bahwa slide pengarahan itu asli.

Juru bicara tersebut mengatakan bahwa slide tersebut memberikan konteks dan tren mengenai kapasitas pembuatan kapal China, namun memperingatkan bahwa Angkatan Laut tidak bermaksud untuk membacanya sebagai “penyelaman mendalam” yang komprehensif ke dalam industri pembuatan kapal komersial China.

“Slide ini dikembangkan oleh Kantor Intelijen Angkatan Laut dari berbagai sumber publik sebagai bagian dari ringkasan keseluruhan mengenai persaingan strategis,” kata juru bicara tersebut seperti dikutip dari Insider, Jumat (15/9/2023).

China telah bekerja keras untuk memperkuat kemampuan angkatan lautnya. Menurut laporan US Naval Institute pada tahun 2021, negara ini memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dengan lebih dari 355 kapal di armadanya.

Laporan tahunan Pentagon tahun 2022 mengenai perkembangan militer China memproyeksikan lebih lanjut bahwa armada China akan bertambah menjadi 400 kapal pada tahun 2025 dan 440 kapal pada tahun 2030.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)