Menhub Janjikan Pelabuhan Kuala Tanjung Beroperasi Agustus 2017

Kamis, 04 Mei 2017 - 16:59 WIB
Menhub Janjikan Pelabuhan Kuala Tanjung Beroperasi Agustus 2017
Menhub Janjikan Pelabuhan Kuala Tanjung Beroperasi Agustus 2017
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara akan beroperasi perdana dalam waktu dekat. Rencananya, pengoperasian tahap 1 pelabuhan tersebut akan dilaksanakan pada Agustus 2017.

Dia mengungkapkan, tahap I tersebut dibangun oleh pemerintah dan PT Pelindo I (Persero). Kuala Tanjung ini disebut-sebut akan menjadi hub internasional selain Pelabuhan Tanjung Priok. "Kuala Tanjung InsyaAllah kita akan mulai dioperasikan pada Agustus 2017 untuk tahap 1," katanya di Gedung Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

(Baca Juga: Jokowi Tuntut Para Menteri Rampungkan Pelabuhan Kuala Tanjung
Menurutnya, Pelabuhan Kuala Tanjung pada tahap awal akan melayani pelayaran kapal penumpang dan kapal barang/container. Rute perjalanannya pun akan dilayani rute internasional dan domestik, meskipun masih akan lebih banyak rute domestik. "Untuk yang ke luar negeri, kita ingin rute-rute yang realistis saja, seperti misalnya ke China, tidak terlalu jauh, pasarnya juga sudah jelas," tandasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuntut para menterinya untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara pada tahun ini. Sebab, pelabuhan terseut merupakan salah satu pelabuhan besar yang akan dimiliki Indonesia. Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemaritiman 2017, yang digelar Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman.

"Berkaitan dengan pelabuhan besar kita yang baru. Kuala Tanjung di Sumatera Utara. Kita harapkan tahun ini bisa diselesaikan. Pelindo akan bekerja sama dengan Rotterdam Port, dan Dubai Port (untuk kelola Kuala Tanjung). Gabungan itu akan jadi kekuatan. Kalau kita tidak bekerja dengan economic skill dan efisien tidak akan bisa," tegas Jokowi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3844 seconds (0.1#10.140)