PLN Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2017

Jum'at, 05 Mei 2017 - 02:13 WIB
PLN Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2017
PLN Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2017
A A A
YOGYAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta berhasil meraih penghargaan Green Award 2017 pada Rabu, 3 Mei 2017 dari La Tofi School of CSR. Penghargaan ini berkat keberhasilannya mengembangkan suatu kawasan tertinggal menjadi lebih berguna.

Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Hardian Sakti Laksana mengatakan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY berhasil memenangkan penghargaan lingkungan hidup dalam kategori Penyelamatan Sumber Daya Air dengan nama program Menjaga Sumber Air Sungai Mudal.

Program pengembangan Sungai Mudal, PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta melakukan pemberdayaan lingkungan berbasis Ekowisata. "Kami membantu mengangkat potensi alam yang luar biasa di Kulon Progo," tuturnya, Kamis (4/5/2017).

Sebelumnya, program pengembangan Sungai Mudal juga meraih penghargaan PLN CSR Award 2016 di lingkungan PLN secara nasional. CSR PLN berupa kepedulian terhadap Ekowisata Sungai Mudal di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Bantuan yang diberikan diantaranya pembentukan kelompok kerja distribusi air dan pengelolaan Taman Mudal.

Mereka juga melakukan penanaman 1.000 pohon bibit pala, pembangunan jalan setapak, pembangunan musala, renovasi sarana air bersih, pendampingan konservasi anggrek bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Biologi dan pemasangan papan nama Kawasan Ekowisata Sungai Mudal.

Wujud kepedulian dari PLN ini diharapkan memberikan sejumlah manfaat bagi lingkungan, seperti terpeliharanya daerah tangkapan air Kawasan Wisata Sungai Mudal dan menciptakan kawasan yang indah. Sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan pengunjung. Sementara itu masyarakat di sekitar kawasan wisata dapat menikmati air bersih dengan baik.

"Sesuai dengan yang kami harapkan, sudah ada peningkatan pendapatan masyarakat dari hasil kunjungan wisatawan," ujarnya.

PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY berharap adanya program CSR yang telah dilakukan dapat menciptakan kawasan-kawasan yang unggul dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi sosial masyarakat.

Sehingga berdampak pada meningkatnya pengetahuan, partisipasi dan kemandirian warga dalam pengelolaan sampah, terciptanya kawasan bersih dan sehat, penciptaan lapangan kerja serta peningkatan pendapatan komunitas dan nasabah.

Selain PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, terdapat 5 unit PLN lain juga mendapatkan penghargaan serupa di bidang lingkungan. Ajang penganugerahan tersebut dihadiri Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hadi Daryanto. Staf ahli Menteri Bidang Penguatan Struktur Industri Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana, serta Direktur Kemitraan Lingkungan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Erna Rosdiana.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1942 seconds (0.1#10.140)