Biaya Angkut BBM ke Daerah Terluar Indonesia Rp38.000/Liter

Senin, 08 Mei 2017 - 19:02 WIB
Biaya Angkut BBM ke Daerah Terluar Indonesia Rp38.000/Liter
Biaya Angkut BBM ke Daerah Terluar Indonesia Rp38.000/Liter
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah mencanangkan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia. Jokowi tidak mau lagi harga BBM di pedalaman Papua mencapai puluhan ribu dan sangat berbeda dengan di Jakarta.

PT Pertamina sebagai perusahaan BUMN langsung mengerjakan perintah Presiden. Bahkan, perusahaan menyewa pesawat untuk mengangkut BBM ke daerah terluar yang tidak bisa dijangkau dengan perjalanan darat.

Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso mengatakan, kualitas BBM yang dikirim ke daerah terluar Indonesia sama dengan yang di kota-kota lainnya. Satu hal yang membedakan adalah biaya angkut yang mencapai Rp38.000 per liter.

"Ngangkutnya sulit, ada yang pakai pesawat khusus. Ongkosnya saja misalnya ke perbatasan Kalimantan itu mencapai Rp38.000 per liter," katanya dalam acara media gathering di The Hermitage, Menteng Jakarta, Senin (8/5/2017).

Biaya angkut ini harus dibayar Pertamina dan masuk dalam komponen biaya. Setidaknya, Pertamina akan menghabiskan Rp2 triliun per tahun untuk ongkos angkut BBM ke daerah terluar dan terpencil ini. "Kalau menggunakan biaya, otomatis akan menggerus laba," katanya.

Saat ini ada 145 lokasi daerah terpencil yang harus dicapai Pertamina. Kesemuanya tidak mungkin diselesaikan tahun ini, sehingga dilakukan secara bertahap. Pertamina melalui divisi pemasaran menurutnya juga kesulitan mencari pengusaha SPBU di daerah terpencil.

"Ini uangnya Pertamina bukan subsidi. Semuanya sekitar 145 lokasi dan biayanya di atas Rp2 triliun per tahun. Ini juga tidak bisa selesai dan mungkin baru 2019 baru semua daerah" kata Toharso.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4843 seconds (0.1#10.140)