Hadiri China-ASEAN Expo ke-20, Wapres Ajak PM Li Qiang Mampir Paviliun RI

Minggu, 17 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
Hadiri China-ASEAN Expo ke-20, Wapres Ajak PM Li Qiang Mampir Paviliun RI
Wapres Maruf Amin menghadiri pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20, di Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi, China, Minggu (17/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 dan China-ASEAN Business Investment Summit (CABIS) Ke-20 di Osmanthus Hall, Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi, China, Minggu (17/9/2023).

Sebelumnya, Wapres juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang. Wapres menyampaikan apresiasi atas undangan Pemerintah China untuk menghadiri pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20.

“Indonesia hadir di dua Paviliun, yaitu Paviliun Komoditi yang menampilkan produk ekspor unggulan dan Paviliun City of Charm yang menampilkan Provinsi Kalimantan Tengah yang dikenal dengan kekayaan budaya, sumber daya alam, dan lingkungan,” terang Wapres dalam keterangannya.



Tidak lupa, Wapres juga mengajak PM Li untuk mampir ke Paviliun indonesia. “Saya mengundang Yang Mulia untuk mengunjungi kedua Paviliun Indonesia tersebut,” imbuhnya. Sementara pada kesempatan yang sama, PM China Li Qiang menyampaikan selamat datang di China.

"Saya merasa sangat senang berkenalan dengan Bapak Wapres. Selamat datang di China - ASEAN Expo ke-20," katanya.

Lebih lanjut, PM Li mengatakan, pekan lalu baru saja mengunjungi Indonesia dan menyaksikan perkembangan Indonesia dengan mata kepala sendiri.

"Saya bisa merasakan masa depan Indonesia yang gemilang dan saya juga merasakan gemilangnya kemitraan dan kerja sama Indonesia dan China di masa mendatang," pujinya.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, PM Li juga mengapresiasi kiprah Wapres selama ini dalam mendorong persahabatan dan kerja sama antara China dan Indonesia.

"Bapak Wapres berkontribusi besar dalam program people to people contacts antara kedua negara khususnya di bidang keagamaan," tuturnya.



Menindaklanjuti kesepakatan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan di Chengdu untuk melakukan kerja sama strategis yang lebih tinggi dengan prinsip senasib sepenanggungan, PM Li memastikan pada Wapres bahwa China berkomitmen penuh pada kesepakatan tersebut.

"China berkenan untuk berupaya bersama dengan pihak Indonesia agar melaksanakan program melakukan kerjasama strategis dengan tingkat yang lebih tinggi, memajukan modernisasi, dan meningkatkan kesejahteraan kedua negara," tegasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)