Demi Keamanan, Pertamina Berencana Pecah Depo Plumpang

Senin, 08 Mei 2017 - 20:53 WIB
Demi Keamanan, Pertamina Berencana Pecah Depo Plumpang
Demi Keamanan, Pertamina Berencana Pecah Depo Plumpang
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana akan memecah tempat penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) di Plumpang dengan membangun depo baru. Selama ini, gudang penyimpanan BBM hanya terpusat di Plumpang, Jakarta Utara.

Direktur Pengolahan Pertamina Toharso mengatakan, Depo Plumpang saat ini memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 18.000 kiloliter per hari untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Jakarta dan daerah sekitarnya. Jika depo tersebut terjadi masalah dan tidak beroperasi kondisi ini sangat berbahaya.

"Ini merupakan wacana direksi Pertamina. Terlalu berisiko jika tidak ada depo cadangan. Makanya kami rencanakan untuk men-split Depo Plumpang," ujarnya, dalam Workshop Media Direktorat Pengolahan Pertamina di Hotel Hermitage, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Selain masalah kapasitas, lanjut dia, proses distribusi BBM dari depo hingga ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) juga membutuhkan waktu cukup lama. "Jika terjadi sesuatu, ini mengerikan," tegasnya.

Kasus terbaru, Depo plumpang sempat mengalami kebakaran kecil hingga sempat di-police line. "Kondisi ini membuat jantung direksi berdebar karena menyangkut kebutuhan BBM di Ibu Kota," kata Toharso.

Belajar dari kasus tersebut, lanjut dia, bila terjadi masalah pada salah satu Depo, distribusi BBM tidak akan terganggu karena bisa diambil dari depo lain. "Rencana pembangunan Depo baru ini masih dalam pembahasan direksi sehingga belum bisa disampaikan kapan pembangunannya," tandas Toharso.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3846 seconds (0.1#10.140)