Jokowi Ingin Pos Lintas Batas Jayapura Jadi Zona Ekonomi Baru

Selasa, 09 Mei 2017 - 17:21 WIB
Jokowi Ingin Pos Lintas Batas Jayapura Jadi Zona Ekonomi Baru
Jokowi Ingin Pos Lintas Batas Jayapura Jadi Zona Ekonomi Baru
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakhiri kunjungan Lintas Nusantara di Papua yang dilaksanakan dalam lima hari dimulai dari Nanggroe Aceh Darussalam, menuju Kalimantan Selatan, Maluku Utara dan berakhir di Papua.

Dalam kunjungannya ke Papua, Jokowi kembali meresmikan satu lagi Pos Lintas Batas Negara yang terletak di Skow, Jayapura. Menurutnya, pembangunan di daerah perbatasan harus terus digencarkan.

"Perbatasan merupakan pintu utama Indonesia dengan negara lain, jangan sampai pembangunan perbatasan malah tertinggal," kata dia dalam rilis yang diterima SINDOnews, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Jokowi berharap, dengan modernisasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, dapat menumbuhkan zona-zona ekonomi baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi turut memberikan penjelasan terkait kinerja Bea Cukai di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini ini. Bea Cukai Jayapura telah mengadopsi sistem sistem otomasi kartu identitas lintas batas yang sebelumnya diterapkan di Entikong dan Nanga Badau.

"Dengan otomasi sistem ini tentunya akan mempercepat pelayanan dan meningkatkan pengawasan terhadap para pelintas batas," ujar Heru.

Bea Cukai Jayapura telah mencapai target penerimaan 2017 hingga Mei ini. "Dengan modernisasi PLBN, diharapkan dapat semakin mempercepat pelayanan yang akan berimbas terhadap terkumpulnya penerimaan negara," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6114 seconds (0.1#10.140)