Menkeu Ingatkan Birokrasi Harus Selalu Melayani Masyarakat

Rabu, 10 Mei 2017 - 19:08 WIB
Menkeu Ingatkan Birokrasi Harus Selalu Melayani Masyarakat
Menkeu Ingatkan Birokrasi Harus Selalu Melayani Masyarakat
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya di Rakornas Badan Kepegawaian Negara mengatakan, birokrasi merupakan institusi yang sangat penting bagi negara untuk menjalankan tugas dan fungsi guna mencapai tujuan bernegara.

Maka, dalam menjalankan kehidupan bernegara ada perubahan atau policy penting dalam birokrasi. Pertama, di sistem pemerintahan. Di keputusan desentralisasi, menjadi poin yang sangat strategis, yaitu banyak kewenangan yang didelegasikan ke daerah yang bersifat strategis dan menjadi penting karena tujuannya adalah untuk melayani masyarakat.

"Mereka butuh respons yang cepat dari pemerintah, maka tidak bisa semua keputusan harus dari pemerintah pusat. Dan saat ini kita semua harus mampu menjadikan desentralisasi sesuai tujuan utama yaitu melayani masyarakat," kata Sri Mulyani di JCC, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Kedua, yakni unsur teknologi. Teknologi, lanjutnya, mampu mengubah cara manusia dalam bekerja. Bisnis model di birokraksi harus terus dievaluasi dengan memasukan unsur teknologi di dalamnya.

"Ini harus terus diperkenalkan dan dimasukan dalam struktur bekerja untuk mencapai tujuan birokrasi yaitu pelayanan masyarakat dengan efisien dan cepat serta akurat dalam merespons," imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Ani, teknologi juga mempemudah masyarakat dalam melakukan check dan balance atau evaluasi birokrasi. Maka teknologi mampu permudah birokrasi untuk melakukan koreksi.

Ketiga, yakni persaingan. Presiden Jokowi, katanya, sempat menyampaikan, ketika bertemu dengan berbagai pimpinan negara untuk membahas Indonesia.

"Mereka bersalaman tapi Indonesia terus secara konstan bersaing bukan untuk tujuan buruk tapi untuk meningkatkan kesejahteraan yang akurat, menarik inovasi dan modal agar masyarakat mendapat keadilan dari negara-negara lain. Persaingan ini akan mendorong munculnyaa ide dan inovasi. Karena kalau kita enggak bersaing, maka ide dan inovasi tidak akan muncul secara berkelanjutan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6783 seconds (0.1#10.140)